by

Harley-Davidson Patenkan Desain Cafe Racer Terbaru, Begini Wujudnya

KalbarOnline.com – Harley-Davidson beberapa waktu lalu dikabarkan sedang menggarap sepeda motor baru dengan konsep cafe racer. Sepeda motor tersebut merupakan lanjutan dari model serupa sebelumnya dengan tipe XR1200.

Kini, dilansir dari Kantor Paten dan Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO), Kamis (9/4), Harley-Davidson XR1200 akan memunculkan penerus anyar. Hal tersebut merujuk pada sepasang merek dagang desain Harley-Davidson yang mengisyaratkan dua model masa depan berdasarkan mesin Revolution Max baru.

Desainnya dengan jelas menunjukkan bahwa kedua merek dagang tersebut menggunakan mesin V-twin baru Harley, yang diperkenalkan pada 2019 di model Pan America (1.275cc) dan Bronx (975cc) yang akan datang. Namun, yang tidak diungkapkan oleh render adalah transmisi yang sedang dipertimbangkan untuk model anyar tersebut.

Detail pada kepala silinder mirip dengan yang hadir pada model Pan America sehingga dapat dianggap bahwa rendering didasarkan pada blok Revolution Max baru yang lebih besar.

Ilustrasi: Paten desain Harley-Davidson terkait motor bergaya cafe racer terbarunya. (EUIPO)

Desain cafe racer menggunakan fitur-fitur utama khas termasuk fairing balap gelembung, jok kantilever, satu set panel samping, penutup pilion, dan shockbreaker ganda di bagian belakang. Desain ini dilengkapi juga oleh tangki bahan bakar yang juga mengingatkan model Pan America lengkap dengan knalpot 2 in 1 yang sangat besar, dan roda asimetris dengan ban yang lebih gemuk di bagian belakang.

Model ‘kebangkitan’ XR1200 itu juga menunjukkan penggunaan skid plate, penutup kecil yang membingkai lampu oval, knalpot ganda set tinggi dan tube arm swingarm.

Beberapa bulan yang lalu, motor cafe racer Harley-Davidson yang kini dipatenkan itu juga muncul sebagai prototipe dalam presentasi investor Harley-Davidson. Presentasi termasuk timeline dari model yang akan datang dengan Pan America dan Bronx yang terdaftar pada tahun 2020, dan model performance custom dijadwalkan untuk 2021.

Mempertimbangkan bahwa Harley sering pada waktu yang tepat pada setiap peluncuran produknya, diharapkan dua model baru diluncurkan pada 2021 atau 2022.

Comment

News Feed