by

Google Gratiskan Stadia Untuk Dua Bulan di 14 Negara

Wabah corona yang membuat orang-orang lebih banyak mendekam di rumah, membuat Google berinisatif melakukan sesuatu. Agar mereka yang terpaksa berdiam di rumah itu tak bosan, atau kalau kata anak milenal mah, gabut. Caranya dengan menggratiskan Google Stadia selama dua bulan. Ini diumumkan oleh Phil Harrison, Vice President and GM, Google Stadia, melalui blog Google.

Harrison mengatakan, saat ini dunia tengah menghadapi situasi yang sangat sulit saat ini. “Menjaga social distancing memang sangat vital. Tetapi berdiam diri di rumah untuk waktu yang lama juga bisa sangat sulit dan membuat diri terasa terisolir,” ujar Harrison. Dia melanjutkan, untuk mengatasi rasa keterasingan selama social distancing, bermain video games bisa menjadi pembunuh rasa bosan dan menjadi cara efektif untuk bersosialisasi dengan teman dan keluarga. “Jadi, kami memutuskan untuk menggratiskan akses ke (Google) Stadia untuk para gamers di 14 negara,” tandas Harrison, sembari menambahkan, program itu dimulai sejak 8 April lalu.

Bagi siapa saja yang mendaftar ke Stadia, diberikan dua bulan gratis layanan Stadia Pro, dengan akses instan ke sembilan game: Termasuk GRID, Destiny 2, The Collection dan Thumper. Mau beli game yang lain juga bisa. Game yang dibeli itu tetap bisa dimainkan pengguna, meskipun yang bersangkutan sudah tak berlangganan Stadia lagi. Bila yang sudah jadi pengguna Stadia, Google tak akan men-charge biaya langganan per bulan, yang mencapai US$S9.99 per bulan. Setelah dua bulan, Google akan kembali mengenakan biaya langganan.

Stadia didukung iOS dan Android, bisa dijalankan di laptop, desktop, atau Tablet Chrome. Juga bisa dimainkan lewat WiFi on di Google Pixel dan banyak smartphone android lainnya. Kalau ingin mendapatkan layanan ini, bisa masuk ke Stadio.com dan kemudian sign up.

Hanya saja, seiring dengan tren berdiam diri di rumah, penggunaan internet pun juga makin melonjak. Jadi, untuk mengurangi beban trafik internet, Google memutuskan untuk menyesuaikan bandwith untuk Stadia, yang penyesuaiannya beragam, sesuai dengan kondisi pemakaian rumah dan lokal. Untuk sementara, resolusi layar yang biasanya 4K, akan dikurangi menjadi 1080p. Google menjamin, pengurangan kualitas resolusi layar ini tak akan begitu kentara bagi pemakai PC atau laptop.

Yang belum jelas dari pengumuman Google ini adalah, negara mana saja yang masuk dalam 14 negara yang mendapat hadiah akses gratis ke Stadia. Mudah-mudahan gamers di Indonesia termasuk salah satu yang bisa menikmati layanan Stadia gratisan ini. Lumayan, dua bulan.

The post Google Gratiskan Stadia Untuk Dua Bulan di 14 Negara appeared first on KalbarOnline.com.

Comment

News Feed