by

Facebook Rilis Aplikasi Buat Para Sejoli, Namanya Tuned

Facebook meluncurkan sebuah aplikasi yang diberi nama Tuned. Aplikasi ini khusus dirancang untuk pasangan kekasih –bisa juga buat suami istri. Melalui aplikasi ini, para Romeo dan Juliet bisa berbagi perasaan, bertukar music favorit, dan membuat scrapbook digital. Intinya, aplikasi ini menjadi ruang pribadi bagi sepasang kekasih untuk saling terhubung.

Ide dasarnya adalah, mendorong pasangan untuk membangun jaringan sosial yang intim di antara keduanya. Dan itu bisa dilakukan dengan saling berbagi music favorit yang mencerminkan suasana hati. Untuk saling berbagi music ini, Tuned terhubung dengan Spotify. Bisa pula dengan berbagi foto, catatan, kartu, voice memo, dan juga menggunakan sticker dan reaction yang khas.

Saat ini, Tuned hanya bisa diunduh di Apple App Store secara gratis. Dan sepertinya tak mensyaratkan penggunanya memiliki akun Facebook. Tetapi, pengguna tetap terikat dengan ketentuan penggunaan data Facebook, yang artinya, data-data pengguna bisa digunakan sebagai target iklan.

Apa istimewanya aplikasi ini? Ya sebenarnya tak ada sih. Perkara berbagi music, foto, catatan dan puisi, bahkan voice memo, secara pribadi, sudah lama bisa dilakukan di aplikasi instant messaging lain, seperti Whatsapp. Orang bisa melakukan kontak pribadi dengan pengguna lain, lewat jalur yang biasa disebut japri. Bedanya mungkin, tak ada orang lain selain pengguna dan pasangannya. Hanya “Kau dan Aku”.

Karena itu juga mungkin, maka Facebook tak begitu serius mempromosikan aplikasi baru ini. Tuned seperti dibiarkan mengalir begitu saja. Banyak yang mengunduh syukur, kalau tidak ya tidak apa-apa juga.

Tuned dibuat oleh team yang dinamakan New Product Experimentation (NPE), sekelompok pengembang di bawah Facebook. Dibentuk pada tahun lalu. Bertugas untuk mengembangkan aplikasi baru untuk iOS, Android, dan web, dengan focus pada layanan pelanggan. Sebelum merancang Tuned, team NPE sudah membuat aplikasi pembuat meme, dan satu aplikasi lain yang mirip Pinterest.

The post Facebook Rilis Aplikasi Buat Para Sejoli, Namanya Tuned appeared first on KalbarOnline.com.

Comment

News Feed