by

Jangan Panik Bila Remote Toyota Calya Tidak Berfungsi, Ini Caranya

KalbarOnline.com – Mobil modern sudah pasti dilengkapi dengan fitur pengaman diantaranya alarm yang secara otomatis berfungsi saat kita memarkir mobil. Fungsi alarm mempunyai tugas untuk melindungi mobil saat parkir atau ditinggalkan pemiliknya agar terhindar dari “tangan jahil” orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Kapan mobil mulai di lindungi oleh sistem alarm? Jawabannya sesaat setelah beberapa detik gambar gembok tertutup pada remote ditekan, tentunya dalam kondisi pintu dan kap mesin sudah tertutup semua dengan sempurna. Namun mobil sekarang bila pengendara meninggalkan mobil dan lupa mengaktifkan alarm, beberapa detik kemuadian akan otomatis berfungsi.

Setelah alarm aktif, maka mobil akan membunyikan alarm saat terjadi getaran yang berlebihan dan saat salah satu pintunya dibuka. Cara perlindungan seperti ini dimaksudkan jika ada orang yang akan berniat buruk akan panik karena alarm berbunyi terus sehingga memberi perhatian khusus pada orang-orang di sekitarnya.

Remote alarm disetiap jenis mobil termasuk pada jenis mobil Toyota Calya, dilengkapi dengan battery remote untuk men-supply tegangan ke remote. Sehingga remote dapat memancarkan frekuensi yang dapat diterima oleh modul alarm.

Maka keduanya bisa saling terhubung dan bersinergi untuk dapat dikendalikan dari jarak ± 10 meter yaitu jarak dari remote ke mobil. Hal ini tentu akan mempermudah pemiliknya untuk mengoperasikan lock dan unlock pintu dari jarak jauh.

Selain dari feature lock dan unlock sistem alarm juga dilengkapi dengan auto lock yang berfungsi untuk mengunci secara otomatis saat kunci kontak off dan pintu tertutup semua. Feature tambahan lain adalah auto speed lock yang berfungsi untuk mengunci secara otomatis pintunya saat mobil sudah berjalan.

Pada remote mobil juga bisa terjadi gangguan yang disebabkan oleh beberapa hal, misalkan remotenya sendiri yang rusak, basah ataupun pecah. Lalu gangguan frekuensi lain misalkan dari pemancar BTS, pemancar radio, logam protector yang dapat mengganggu kerja dari remote sehingga saat tombol remote ditekan tidak ada respon sama sekali dari sistem alarm.

Sedangkan untuk menonaktifkan alarm diperlukan menekan tombol gembok terbuka pada remote sampai kunci pintu terbuka. Jika remote tidak bisa mengoperasikan sistem alarm maka diperlukan buka pintu secara manual agar tetap dapat masuk kedalam mobil. Namun alarm akan bunyi secara terus menerus sehingga megundang perhatian orang di sekitarnya.

Pada mobil Toyota Calya untuk mengatasi battery remote yang lemah ataupun remote yang tidak berfungsi karena gangguan pada frekuensi, cukup mudah solusinya. Pada system alarm ini tidak terlalu menyulitkan pemiliknya sehingga siapapun dapat melakukan hal ini.

Caranya adalah pertama –tama buka pintu secara manual dari lubang kunci yang ada di pintu driver dengan cara diputar ke kiri atau berlawanan arah jarum jam. Setelah central lock berbunyi tanda pintu sudah tidak terkunci, buka pintu tersebut. Saat pintu dibuka maka alarm akan bunyi secara terus menerus.

Bila menghadapi saat seperti ini usahakan jangan panik. Nah, langkah berikutnya adalah masukkan anak kunci kontak ke lubang kunci kontak dan putar ke posisi “ON” (lampu indikator dashboard akan menyala) dan saat di on-kan maka bunyi alarm akan mati dan mobil bisa langsung di starter. Nah sekarang sudah tahu kan, jadi tak perlu panik.

Comment

News Feed