by

Hati-hati, Benda-benda Ini Berpotensi Menjadi Sumber Penularan Covid-19!

Pandemi Covid-19 masih menyita perhatian dunia. Indonesia pun tak luput dari wabah yang berjangkit dengan cepat ini. Instruksi untuk menerapkan physical distancing menjadi salah satu strategi yang tidak lelah diserukan untuk memutus rantai penyebaran virus. Namun tahukah Geng Sehat, bahwa penelitian menunjukkan bahwa virus penyebab Covid-19 dapat bertahan cukup lama pada permukaan benda-benda yang ada di sekitar kita?

Studi yang dipublikasikan di The New England Journal of Medicine memperlihatkan hasil eksperimen bagaimana virus penyebab Covid-19 yang terlontar dari seseorang yang sakit dapat bertahan hidup cukup lama pada berbagai jenis permukaan seperti stainless steel, plastik, kardus, dan tembaga. Jika kita tidak berhati-hati, tanpa disadari bukan tidak mungkin kita terpapar virus yang mengontaminasi permukaan benda yang kita sentuh.

Baca juga: Berapa Lama Coronavirus Bisa Bertahan di Permukaan?

Benda-benda yang Bisa Menjadi Sumber Penularan Covid-19

Benda-benda apa saja yang sering tidak disadari namun berpotensi menjadi media penularan Covid-19? Berikut beberapa contohnya!

1. Keran air

Kebiasaan mencuci tangan yang baik menjadi cara yang dinilai efektif untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Namun bisa jadi ada yang luput dari kewaspadaan kita saat melakukan kebiasaan mencuci tangan dengan rutin, yaitu keran air.

Studi menunjukkan virus Covid-19 bertahan hidup dengan sangat baik (bahkan mencapai 72 jam) pada permukaan logam seperti stainless steel. Oleh karenanya, setiap selesai mencuci tangan, usahakan untuk menutup keran dengan menggunakan tisu yang Geng Sehat gunakan untuk mengeringkan tangan, ya!

2. Peralatan makan

Berbagi makanan memang seringkali menjadi kebiasaan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama teman-teman. Sayangnya dalam periode wabah penyakit seperti saat ini, kebiasaan itu harus dihentikan untuk sementara ya, Gengs!

Seperti yang sudah Geng Sehat ketahui, orang yang terinfeksi virus Covid-19 bisa saja tidak menunjukkan gejala (asimtomatik), sehingga kita tetap perlu berhati-hati untuk tetap menjaga jarak fisik dan tidak menggunakan benda-benda seperti peralatan makan secara bergantian.

Hal ini berlaku juga apabila Geng Sehat yang sedang belajar atau bekerja dari rumah dan memesan delivery makanan. Saat menerima makanan, segera pindahkan makanan dari bungkusan awal yang digunakan untuk pengantaran, cucilah tangan dengan baik sebelum makan dan gunakan peralatan makan yang sudah dicuci bersih di rumah.

Hindari menggunakan peralatan makan plastik yang sering disertakan pada bungkusan makanan, karena seperti halnya logam, virus penyebab Covid-19 juga bertahan hidup dengan baik di permukaan plastik.

Baca juga: Cegah Coronavirus, Ini Tips Aman Pesan Makanan Lewat Ojek Online

3. Gadget

Di zaman sekarang, gadget merupakan benda yang hampir tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Benda-benda ini umumnya kita bawa ke manapun kita pergi, dan seperti halnya tangan, benda-benda ini juga membawa kuman dari satu tempat ke tempat lain.

Hal ini sekaligus menjadikan gadget menjadi benda yang sangat potensial untuk menjadi media perpindahan kuman seperti virus Covid-19. Oleh karena itu, Geng Sehat harus rutin membersihkan permukaan gadget (handphone, laptop, termasuk perangkat charging-nya) idealnya dengan menggunakan cairan atau lap khusus pembersih gadget. Jangan lupa mencuci tangan setelah membersihkan gadget dan hindari membawa gadget ke toilet.

4. Uang

Terdapat beberapa informasi yang tidak konsisten mengenai apakah virus Covid-19 dapat berpindah melalui uang yang terkontaminasi. Namun di beberapa negara termasuk Tiongkok, disinfeksi pada uang termasuk salah satu cara yang ditempuh untuk memutus penyebaran Covid-19.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya kita pun waspada dan sebisa mungkin membatasi penggunaan uang tunai untuk transaksi sehari-hari. Geng Sehat tentu sudah akrab dengan berbagai layanan online payment dan e-wallet yang dapat diandalkan untuk melakukan berbagai jenis transaksi.

Sehubungan dengan adanya wabah, Geng Sehat bisa membantu keluarga atau rekan yang belum familiar dengan metode pembayaran tersebut agar mereka pun bisa bertransaksi dengan aman.

Selain benda-benda yang disebutkan di atas, tentu ada banyak jenis benda di sekitar kita yang juga berpotensi menjadi media penularan Covid-19. Inilah mengapa kebiasaan cuci tangan yang baik sangat diperlukan untuk segera memutus rantai penularan penyakit. Sekali lagi penting bagi Geng Sehat untuk tidak panik ataupun takut berlebihan, namun agar selalu mengoptimalkan kesadaran dan kewaspadaan terhadap penularan Covid-19. Semoga sehat selalu!

Baca juga:Cegah Coronavirus, Begini Cara Membersihkan Kulkas yang Benar

Referensi:

https://www.nih.gov/news-events/news-releases/new-coronavirus-stable-hours-surfaces

https://www.nejm.org/doi/10.1056/NEJMc2004973

https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/community/organizations/cleaning-disinfection.html

https://www.engadget.com/2020/03/17/how-to-properly-clean-your-gadgets/

Comment

News Feed