by

Harga Gula Meroket Imbas Covid-19, Pemkab dan Satgas Pangan Polres Sekadau Sidak Pasar

KalbarOnline, Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau dan Satgas Pangan Polres Sekadau melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah distributor sembako. Adapun fokus pemantauan tim gabungan itu yakni pada komoditi gula yang saat ini harganya meroket di pasaran imbas Covid-19 yang melanda Kalbar tak terkecuali Sekadau.

“Komoditi gula yang banyak dikeluhkan masyarakat dalam beberapa waktu terakhir, karena harganya naik,” ujar St Emanuel, S.KM, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Sekadau di sela-sela inspeksi, Selasa (7/4/2020).

Setidaknya terdapat 8 gudang sembako dalam kota Sekadau yang dipantau. Dari beberapa gudang, distributor menyatakan telah menerima pasokan gula dengan kisaran 5 sampai dengan 10 ton dalam 1 minggu terakhir. Gula yang biasanya dijual dengan harga eceran Rp12.000 per kilogram, saat ini mencapai harga Rp20.000 per kilogram.

Dari pemantauan ini, tim juga memperoleh informasi dari beberapa distributor bahwa kenaikan harga gula dilatarbelakangi naiknya harga beli di tingkat agen di provinsi. Saat ini, untuk Karung 50 kilogram, harga gula berkisar antara Rp950.000 sampai dengan Rp980.000 per karung. Sehingga jika dihitung rata-rata, harga modal eceran gula per kilogram sudah mencapai Rp19.000.

“Bagaimna tidak dijual 20.000 per kilogram di pedagang, karena dari agen sudah naik,” jelas Emanuel.

Meski demikian, ia mensyukuri masih tersedianya pasokan gula di tingkat distributor di Sekadau. Sehingga, diyakini Emanuel untuk kebutuhan masyarakat tidak akan kurang. Pihaknya, akan terus melalukan pemantauan kondisi ketersedian serta harga sembako di Kabupaten Sekadau secara rutin dalam situasi wabah penyebaran virus corona.

“Diharapkan agen, distributor serta pedagang tidak melakukan penimbunan barang yang dapat menyebabkan kelangkaan serta masyarakat tidak panik dengan kondisi saat ini dan juga menimbun barang,” pesan Emanuel.

Pengecekan ini diikuti oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM bersama Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perkebunan, Perinkanan serta Satgas Pangan Polres Sekadau. (Mus)

Comment

News Feed