by

Berikut Peralatan Bayi yang Harus Rajin Didisinfektan selama Pandemi Coronavirus

Rata-rata setelah menjadi orang tua, Mums akan menjadi lebih resik. Dan di tengah pandemi coronavirus, sudah tentu kewaspadaan Mums terhadap kebersihan menjadi semakin lebih tinggi.

Ada perbedaan antara membersihkan dengan mendisinfektan peralatan bayi. Menurut Patricia Garcia, M.D., hospitalist sekaligus pediatrician dari Connecticut Children’s, menyeka peralatan bayi dengan tisu basah hanya membersihkan, bukan mendisinfektan.

Namun jika Mums tidak memiliki indisfektan yang aman untuk bayi, jangan langsung panik. “Berita baiknya, mencuci menggunakan sabun dan air mengalir, lalu digosok dengan saksama akan menghilangkan kebanyakan virus dan bakteri, “ ujar dr. Garcia.

Agar kesehatan si Kecil selalu terjaga, maka sudah seharusnya Mums lebih memperhatikan kebersihan peralatan si Kecil, mulai dari mainan, pakaian, hingga stroller-nya. Berikut beberapa peralatan si Kecil yang direkomendasikan oleh para dokter untuk didisinfektan.

1. Mainan Bayi

Mainan berbahan plastik adalah salah satu objek yang sangat mudah didisinfektan. Berdasarkan keterangan dari dr. Garcia, Mums bisa menggunakan sabun dan air mengalir atau cairan disinfektan untuk membersihkannya.

Jika tidak menggunakan baterai, Ashanti Woods, M.D., F.A.A.P., pediatrician dari Mercy Family Care Physicians, Baltimore, menyarankan Mums juga bisa membersihkan mainan si Kecil menggunakan mesin cuci.

“Untuk boneka, Mums bisa mencucinya menggunakan mesin cuci lalu mengeringkannya,” tambah dr. Garcia. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menganjurkan untuk menggunakan air hangat saat mencuci boneka. Sebaiknya, perhatikan pula petunjuk pencucian mainan di bagian label keterangan mainan sebelum melakukannya.

Baca juga: Mums, Jangan Lupa Menjaga Kesehatan Mental Selama Wabah Coronavirus!

2. Peralatan Bayi Berbahan Kain

Peralatan bayi berbahan kain, baik itu alas duduk baby bouncer, mat, maupun bagian alas stroller, dapat dicuci dengan mesin cuci.

3. Peralatan Bayi Berbahan Plastik

Peralatan bayi berbahan plastik biasanya cukup dibersihkan dengan air dan sabun. Jika cuaca sedang panas, Mums bisa mencucinya di luar rumah dan membiarkannya kering. Namun, menyemprotnya dengan cairan disinfektan dan dilap menggunakan kain basah atau tisu handuk juga bisa dilakukan.

4. Teether dan Empeng

Cara termudah untuk membersihkan dua peralatan bayi ini adalah mencucinya dengan sabun dan air mengalir. Sebagai tambahan, Mums bisa mensterilkan keduanya menggunakan sterilizer.

5. Stroller

Bagian pegangan stroller si Kecil bisa menjadi sarang kuman. Karenanya, sudah pasti Mums harus membersihkannya sesering mungkin. Jadi, semprotkan cairan disinfektan lalu lap sampai bersih menggunakan tisu handuk.

Baca juga: Apakah Bayi dan Anak-anak Boleh Pakai Hand Sanitizer?

6. Pakaian dan Baby Bedding

Baby bedding mudah sekali kotor ketika sedang mengganti popok si Kecil atau terkena gumohnya. Karenanya, rutinlah untuk mencucinya menggunakan air hangat. Begitu juga dengan pakaian bayi. Gunakan deterjen yang ramah untuk kulit sensitif si Kecil saat mencuci keduanya.

7. Botol, cup, dan peralatan makan

Semua peralatan makan dan minum si Kecil harus dibersihkan segera setelah digunakan agar kuman tidak sempat menumpuk. Bersihkan dengan baik dan benar menggunakan sabun dan air mengalir, bilas sampai bersih, lalu keringkan. Selanjutnya, sterilkan semuanya di sterilizer agar lebih maksimal.

8. Lantai

Walaupun lantai bukan termasuk ke dalam peralatan bayi, ingatlah bahwa si Kecil akan senang, bermain, merangkak, dan berjalan di atasnya. “Semua debu, kotoran, dan kuman akan hinggap di lantai tempat si Kecil bermain. Semua mainannya pun setiap hari akan tergeletak di atasnya,” ujar dr. Garcia. Ia pun merekomendasikan untuk selalu membersihkan lantai. Bila perlu, semprotkan cairan disinfektan secara berkala.

Nah, seberapa sering sebaiknya peralatan bayi maupun lantai didisinfektan? Dokter Woods merekomendasikan ini dilakukan setiap hari atau setidaknya 3 kali sehari. Dan untuk peralatan bayi yang setiap hari masuk ke dalam mulut si Kecil, seperti peralatan makan, teether, atau empeng, sebaiknya langsung dibersihkan setelah digunakan, lalu disimpan di tempat yang bersih. (AS)

Baca juga: Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Si Kecil Selama COVID-19

Starter Pack Cegah Coronavirus - GueSehat.com

Sumber

What to Expect: How to Disinfect Every Baby Item in Your House During the Coronavirus Outbreak

Comment

News Feed