by

TRIP Saluran Bantuan Sembako Kepada Puluhan ODP Covid-19 di Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Tim Relawan Insan Peduli (TRIP) Kabupaten Ketapang menyalurkan bantuan sembako kepada puluhan orang yang berstatus sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 yang berada di Kelurahan Kauman, Kecamatan Benua Kayong, Ketapang.

Bantuan berupa beras, telur, mie instan, vitamin dan snack  diserahkan langsung Ketua TRIP kepada satgas relawan At-Taqwa di Posko TRIP di Jalan R Suprapto, Kelurahan Tengah, Kecamatan Delta Pawan, Sabtu (4/4/2020) pagi.

Ketua umum TRIP Kabupaten Ketapang, Asih Farahmi mengatakan kalau bantuan yang disalurkan pihaknya itu, sebagai upaya konkrit  organsiasi masyarakat yang tergabung dalam TRIP untuk membantu Pemerintah Daerah (Pemda) Ketapang menanggulangi penyebaran Covid-19.

“Alhamdulillah kami mendapat sumbangan dari para donatur, walupun sedikit ini bisa bermanfaat bagi sabahat-sahabat kami di pondok pesantren Nurul Madinah Masjid At-Taqwa Kelurahan Kauman,” katanya.

Ia juga menyebutkan kalau orang yang berstatus ODP Covid-19 harus mendapat dukungan dari semua pihak, karena yang bersangkutan secara sadar telah melakukan isolasi mandiri agar tidak melakukan kontak langsung dengan masyarakat.

“Mereka adalah ODP, mereka bukan terjangkit, ini bukan aib, justru kita harus bersyukur kepada mereka secara sadar diri mereka mengisolasi tidak bergaul dengan masyarakat,” tambahnya.

Hingga kini pihaknya masih menerima donatur lainnya guna membantu masyarakat yang kini menjalani masa isolasi mandiri. Selain dalam bentuk uang tunai dan bahan makanan, TRIP juga menerima dan menyalurkan bantuan dalam bentuk barang lainnya guna membantu pemerintah dan masyarakat dalam upaya memutus mata rantai Covid-19.

Penyaluran bantuan TRIP kepada puluhan ODP Covid-19 tersebut tak terlepas dari peran Bagian Humas dan Protokol (Humpro) Setda Ketapang yang menjembatani dalam penyaluran bantuan sosial tersebut.

“Sebenarnya saya belum memiliki kapasitas dalam menyampaikan ini, tapi secara umum ini respon saya sebagai staf atas instruksi Sekda Kabupaten Ketapang Bapak H. Farhan dan Kabag Humpro Ketapang Bapak Doni , bahwa seorang staf harus berinovasi,  jadi kita menjemput bola terhadap informasi yang ada,” papar Staf Humas Setda Kabupaten Ketapang,  S. Hadi.

S. Hadi mengatakan, pihaknya menerima Informasi bahwa ODP Covid-19 yang berada di Kelurahan Kauman membutuhkan bantuan. Informasi tersebut pun kemudian disampaikan kepada TRIP.

“Mudah-mudahan kalau ada donatur lain, kalau tidak bisa langsung ke TRIP bisa juga sampai ke Humas Pemkab Ketapang nanti kita akan bersinergi, saat ini bukan saatnya saling menyalahkan tapi saatnya kita bersatu, kita yakin Ketapang bisa,” ujarnya.

Sementara itu, satu diantara relawan Satgas At-Taqwa  Ahmad Nudin sebagai penerima bantuan mengucapkan terimakasih atas bantuan yang nantinya diserahkan kepada puluhan ODP Covid-19 Kelurahan Kauman.

“Ini adalah bantuan yang kedua kalinya yang kami terima dari donatur yang dipercayakan ke organisasi TRIP sebagai penyalur bantuan,” katanya.

Ia berharap bantuan tersebut dapat menjadi berkah dan meringankan beban para santri dan para keluarga ODP yang terdampak.

“Mudahan-mudahan menjadi suport, penyemangat manjadi obat penyembuh bagi mereka, karena ini merupakan tugas dan tanggungjawab kita bersama, kita yang sehat kita harus membantu mereka yang diisolasi mandiri dan mudah-mudahan donasi ini terus berkelanjutan,” tukasnya.

Bagi para donatur yang ingin berbagi dalam membantu para ODP dan masyarakat Ketapang secara umum untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 dapat menyalurkan bantuan melalui rekening BRI : 0208-01-016342-53-3, MANDIRI : 146-00-1350102-3 dan rekening Bank KALBAR : 7021780451 atas nama Tim Relawan Insan Peduli. (Adi LC)

Comment

News Feed