by

Stok Darah Kurang, Deng Ical Ajak Masyarakat Donor Darah

KalbarOnline.com, MAKASSAR — Demi memenuhi kebutuhan stok darah yang saat ini kurang, Palang Merah Indonesia (PMI) Makassar kini gencar melakukan aksi donor darah.

Hari ini, PMI menggelar aksi donor darah massal yang diadakan di empat tempat yang berbeda, yakni Di Markas Kodim 1408/BS Jl. Lanto Dg. Pasewang Makassar, Markas Yonif Raider 700/Wyc Jl. Perintis Kemerdekaan Makassar, Markas Yonkav 10/Mendagiri Jl. Perintis Kemerdekaan Makassar, dan Markas Yonzipur 8/SMG Sakeang Kab. Maros. 

Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal mengatakan hari ini memperoleh 1047 stok darah dari rider dan kodim dengan rincian 46 kantong di Kodim sementara sisanya diperoleh di Raider. 

Jumlah tersebut masih belum memenuhi stok, mengingat stok normal di Kota Makassar adalah 1200 untuk 10 hari. 

“Kalau stok normal kita sepuluh hari 1200 kantong, standar nasional itu empat hariji, standarnya WHO itu dua hariji,” ungkap Deng Ical sapaan akrabnya, Senin(6/4/2020).

Terutama trombosit itu kurang, kata dia. “Trombosit kosong B yang ada itu A sebanyak 3 kantong, golongan darah O sebanyak 6 kantong, dan AB 3 kantong,” ujarnya. 

Selain kekurangan pendonor karena bekerja dari rumah. Menurut Deng Ical, masalah yang sekarang dihadapi banyak masyarakat menganggap bahwa berbahaya kalau donor. 

Dirinya pun mengajak masyarakat untuk berdonor darah, selain membantu sesama juga banyak manfaatnya.”Padahal itu meninggatkan imun kita, ada produksi darah baru. Sistem kekebalan tubuh kita berpotensi naik,” ujarnya (ikbal/fajar)

Comment

News Feed