by

Antisipasi Korona, DPD PDIP Kalbar Mulai Distribusikan Tangki Air ke Sejumlah Daerah

KalbarOnline, Kubu Raya – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Kalimantan Barat mulai mendistribusikan 40 dari total 100 tangki air ke sejumlah daerah di Kalimantan Barat, Sabtu (4/4/2020). Tangki air sebanyak itu didistribusikan ke 1 kota dan 5 kabupaten untuk kemudian diletakkan di sejumlah ruang publik, seperti kompleks perkantoran, rumah sakit, puskesmas, rumah ibadah dan tempat-tempat lainnya.

Bendahara DPD PDI Perjuangan Kalbar Sujiwo menjelaskan, sebanyak 40 tangki air yang dilengkapi dengan tempat cuci tangan tersebut didistribusikan ke enam DPC, yakni Kabupaten Mempawah, Kubu Raya, Sintang, Melawi, Bengkayang, dan Kota Pontianak. Adapun enam puluh tangki air lainnya yang saat ini tengah dalam pemesanan akan diserahkan dalam waktu dekat ke delapan DPC yang belum menerima tangki pada hari ini.

“Totalnya kan kita pesan 100, ya. Hari ini kita distribusikan dulu untuk enam DPC sebanyak 40 buah. Sisanya yang tengah dipesan sebanyak 60 tangki akan diserahkan ke delapan DPC yang belum kebagian,” katanya seusai menyerahkan tangki air secara simbolis kepada ketua-ketua DPC di Kantor DPD PDI Perjuangan Kalbar, Jalan Arteri Supadio Sungai Raya, Sabtu (4/4/2020).

Sujiwo memandang bahwa 100 tangki air tersebut masih jauh dari kata cukup. Oleh karenanya, pihaknya kembali memesan tambahan tangki sebanyak 100 unit sehingga secara total, partainya menyumbangkan sebanyak 200 tangki air selama pandemi korona.

“Seratus tangki yang dipesan pada tahap pertama sepertinya masih kurang, makanya atas arahan Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar, Bapak Lasarus kami memesan kembali 100 tangki. Jadi total ada 200 tangki yang kami beli untuk disebar ke setiap DPC,” bebernya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kubu Raya itu juga memastikan kalau tangki-tangki air tersebut tidak akan ditarik kembali meskipun pandemi korona telah berakhir. Ia juga berharap, penempatan fasilitas cuci tangan di sejumlah ruang publik ini dapat menstimulus masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan rutin mencuci tangan.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kubu Raya Agus Sudarmansyah menyampaikan apresiasinya kepada DPD PDI Perjuangan Kalbar atas bantuan tangki air tersebut. Ia menyebut, tangki air ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam upaya mencegah penyebaran virus korona.

“Salah satu cara mencegah penularan virus korona seperti yang selalu disampaikan oleh pemerintah ataupun ahli kesehatan ialah rutin mencuci tangan. Dengan adanya tangki air yang akan kita tempatkan di ruang-ruang publik nantinya, tentu masyarakat kita harapkan dapat lebih sering mencuci tangan supaya terhindar dari paparan Covid-19,” ungkapnya.

Senada dengan Agus, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Pontianak Satarudin juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan tangki air dari DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat. Bantuan ini diakui Satarudin menambah motivasi jajaran kepengurusan DPC Kota Pontianak untuk terus bergotong royong membantu masyarakat agar terhindar dari Covid-19.

“Tentu kita sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan DPD dan ini akan langsung kita pasang di tempat-tempat fasilitas publik. Dalam kesempatan ini pula, saya kembali mengingatkan masyarakat untuk menaati imbauan dari pemerintah, seperti membatasi aktivitas di luar rumah, menerapkan physical distancing dan menghindari kerumunan,” tutup pria yang akrab disapa Bang Satar tersebut. (Fai/Naj)

Comment

News Feed