by

Siapa Saja yang Perlu Minum Suplemen Imun?

Di tengah pandemi coronavirus ini, orang-orang mulai sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan diri, menerapkan physical distancing atau pembatasan jarak dengan orang lain, serta berada di rumah saja jika tidak ada aktivitas yang perlu.

Selain itu, semakin banyak orang juga yang mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan sistem imun. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penularan coronavirus. Namun, beberapa dari Geng Sehat mungkin bertanya-tanya, sebenarnya siapa saja yang perlu minum suplemen imun? Yuk, ketahui lebih jauh Gengs!

Baca juga: Pentingnya Menjaga Sistem Imun

Penyebab Sistem Imun Menurun

Saat sistem imun menurun, kemampuan tubuh untuk melawan virus, bakteri, ataupun zat asing lainnya juga melemah, sehingga Kamu pun menjadi mudah terkena penyakit. Nah, sebelum mengetahui siapa saja yang perlu minum suplemen imun, Kamu perlu mengetahui penyebab sistem imun menurun. Berikut penyebabnya yang perlu Kamu ketahui!

1. Asupan Nutrisi Kurang

Jika Kamu tidak memenuhi asupan nutrisi yang seimbang, tubuh pun tidak dapat berfungsi dengan baik. Pola makan yang buruk dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit. Cobalah untuk memenuhi asupan nutrisi, vitamin, serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti sayur, buah-buahan, kacang-kacang, dan biji-bijian.

2. Dehidrasi

Setiap jaringan dan organ dalam tubuh membutuhkan asupan air. Air dapat membantu membawa nutrisi dan mineral ke sel serta menjaga tenggorokan, mulut, dan hidung tetap lembap. Hal ini penting untuk mencegah penyakit. Meski tubuh kita terdiri dari 60% air, namun kita bisa kehilangan cairan dalam tubuh melalui buang air kecil, berkeringat, bernapas, atau buang air besar.

Nah, dehidrasi dapat terjadi saat Kamu tidak mengganti cairan dalam tubuh yang hilang secara cukup. Dehidrasi ringan hingga sedang sulit dikenali, namun dapat membuat Kamu sakit. Oleh karena itu, cukupilah kebutuhan air sepanjang hari. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggi.

Selama Kamu buang air kecil secara teratur dan tidak merasa haus, serta minum sering minum sepanjang hari, Kamu akan terhindar dari dehidrasi. Oh iya, untuk mengukur Kamu terhidrasi dengan baik atau tidak, Kamu bisa melihat dari warna urine saat buang air kecil. Jika urine Kamu berwarna kuning pucat atau hampir pucat, maka Kamu sudah terhidrasi dengan baik.

3. Kurang Tidur

Orang-orang yang tidak cukup tidur setiap malam akan cenderung terserang penyakit. Perlu diketahui bahwa sistem imun kita melepaskan sitokin saat tidur. Sitokin ini merupakan pembawa protein yang melawan peradangan serta penyakit. Nah, tubuh membutuhkan lebih banyak sitokin saat sakit.

Tubuh tidak dapat menghasilkan cukup protein pelindung tersebut jika Kamu kurang tidur. Hal tersebut dapat menurunkan kemampuan alami tubuh untuk melawan virus ataupun infeksi. Makanya nih, kita disarankan untuk tidur cukup, yaitu tujuh hingga delapan jam setiap hari.

4. Tangan yang Kotor

Tangan bersentuhan dengan banyak kuman. Jika Kamu jarang mencuci tangan dan kemudian menyentuh wajar, mulut, ataupun mata, kuman atau virus dapat masuk ke dalam tubuh sehingga Kamu pun mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, usahakanlah untuk rutin mencuci tangan apalagi di tengah pandemi coronavirus seperti saat ini.

5. Stres

Stres merupakan hal normal yang bisa dialami oleh siapapun. Namun, stres yang kronis dapat berdampak pada tubuh, menurunkan respons kekebalan alami tubuh, serta membuat Kamu mudah terserang penyakit. Cobalah untuk menghindari stres dengan berolahraga, mendengarkan musik yang menenangkan, tidak sering memeriksa ponsel, dan berisitrahatlah sebentar.

Baca juga: Sistem Imun Pengaruhi Kehidupan Sosial, Lho!

Siapa Saja yang Perlu Minum Suplemen Imun?

Berbagai faktor seperti yang sudah disebutkan di atas memang dapat memengaruhi sistem imunmu. Oleh karena itu, menerapkan pola makan dengan gizi seimbang, banyak minum, tidur cukup, rajin cuci tangan, menghindari stres, dan rutin berolahraga dapat membantu untuk meningkatkan sistem imun.

Kamu pun bertanya-tanya, lantas siapa saja yang perlu minum suplemen imun? Nah, siapapun apalagi di tengah pandemi coronavirus perlu mengonsumsi suplemen imun nih Gengs. Namun diprioritaskan adalah usia lanjut, ibu hamil, orang yang tengah sakit, dan anak-anak yang umumnya memiliki daya tahan tubuh rendah. Mereka perlu mengonsumsi suplemen imun untuk menjaga kesehatan sekaligus meningkatkan sistem imun.

Oh iya, penelitian bahkan menunjukkan kalau suplemen dengan kandungan herbal, vitamin, mineral , atau zat tertentu dapat meningkatkan respons kekebalan dan dapat melindungi tubuh dari penyakit. Oleh karena itu, Kamu perlu minum suplemen imun, seperti Stimuno Gengs. Saat sakit pun, Kamu perlu minum suplemen imun untuk membantu proses penyembuhan.

Jadi, jangan lupa menghindari penyebab yang dapat membuat sistem imun lemah seperti yang sudah disebutkan di atas ya dan konsumsilah suplemen imun untuk menjaga kesehatan serta meningkatkan kekebalan tubuhmu!

Baca juga: Coronavirus pada Diabetes Lebih Berbahaya, Ini Cara Meningkatkan Imun!

Referensi

Healthline. Why Am I Always Sick?

Healthline. Supplements to Boost Your Immune System.

BBC UK. Can I Really Boost My Immune System?

Whole Health. 7 Reasons Why Everyone Should Take Supplements.

Comment

News Feed