by

Manfaat Almond untuk Busui Ini, Penting Mums Ketahui

Tak jauh berbeda dengan masa kehamilan, pilihan makanan dan minuman Mums selama masa menyusui berperan sangat penting untuk proses tumbuh kembang si Kecil. Apalagi, nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan bayi adalah salah satu pilar penting untuk menjamin proses tumbuh kembangnya optimal.

Nah, kalau selama ini kacang almond hanya dibuat pemanis untuk hidangan pencuci mulut, Mums perlu tahu, bahwa jenis kacang satu ini termasuk superfood untuk ibu menyusui, lho! Mau tahu lebih dalam tentang manfaat almond untuk busui? Terus scroll down, ya!

Almond Sebagai Laktagogue

Produksi ASI bekerja dengan prinsip yang sederhana, yaitu persediaan dan permintaan (supply and demand). Artinya, jumlah produksi ASI sangat bergantung pada seberapa sering ASI dikeluarkan, baik dengan cara menyusui si Kecil secara langsung, maupun diperah.

Walau menyusui merupakan proses alami yang akan otomatis terjadi setelah Mums melahirkan si Kecil, tak menutup kemungkinan terjadi kendala dalam proses menghasilkan ASI. Di sinilah peran makanan laktogenik atau yang biasa disebut laktagogue/galactogogue biasanya diandalkan, yaitu sebagai asupan nutrisi agar bisa menghasilkan lebih banyak ASI.

Laktogogue mengandung fitoestrogen dan sifat kimia lainnya yang merangsang prolaktin, yaitu hormon penghasil ASI utama. Uniknya, walau fungsi laktagogue sama, namun pilihannya bisa berbeda-beda di setiap daerah atau negara. Misal, jika fenugreek sudah dipercaya secara turun temurun di India sebagai laktagogue, di Indonesia laktagogue yang paling diandalkan adalah daun katuk

Baca juga: Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Si Kecil Selama COVID-19

Namun, sebenarnya pilihan laktagogue itu banyak sekali, Mums. Salah satu yang bisa Mums pilih dan nikmati adalah kacang-kacangan. Dan, kacang almond merupakan contoh yang baik dari sekian banyak jenis kacang-kacangan yang ada.

Secara kandungan nutrisi, almond nyatanya memiliki profil nutrisi yang mengesankan, lho. Segenggam kacang almond atau sekitar 28 gram mengandung nutrisi berikut ini:

  • Serat: 3,5 gram.

  • Protein: 6 gram.

  • Lemak tak jenuh tunggal: 14 gram, yang mana almond merupakan salah satu dari 9 pilihan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan kardiovaskular.

  • Vitamin E.

  • Mangan.

  • Tembaga

  • Vitamin B2 (riboflavin).

  • Fosfor.

Baca juga: Apakah Bayi dan Anak-anak Boleh Pakai Hand Sanitizer?

Menikmati Almond dengan Cara Lebih Enak dan Praktis

Saat ini almond sangat mudah didapatkan. Bahkan, Mums bisa memilih bentuk almond yang ingin dikonsumsi, yaitu utuh, diiris, dipotong, atau dicincang. Olahan almond pun banyak pilihannya, seperti tepung almond, susu, pasta, atau minyak. Masing-masing memiliki keunikan tersendiri, dan semuanya baik untuk Mums konsumsi.

Salah satu olahan almond yang populer dan terbukti baik untuk menunjang kelancaran produksi ASI adalah susu almond. Olahan ini juga menjadi solusi jika selama ini Mums tak bisa menikmati susu karena alergi atau pun intoleransi laktosa. Sehingga, asupan kalsium yang dibutuhkan untuk menunjang tulang yang kuat, serta sumber nutrisi untuk si Kecil, tetap terpenuhi.

Tak hanya itu, ada beberapa keunggulan susu almond dibandingkan susu sapi yang perlu Mums ketahui, yaitu:

  • Kandungan kalori lebih rendah. Sebagai perbandingan, dalam secangkir susu almond tanpa pemanis mengandung 40 kkal, sementara susu sapi mengandung 150 kkal.
  • Kadar gula lebih rendah.
  • Kadar lemak yang lebih rendah
  • Mengandung serat, sedangkan susu sapi tidak mengandung serat sama sekali.
  • Mengandung vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

ALMONA Almond Milk

Asyiknya, sekarang Mums bisa menikmati susu almond dengan cara yang mudah dan praktis lho, yaitu ALMONA! ALMONA Almond Milk mengandung 100% almond asli, bukan ekstrak, sehingga masih mengandung nutrisi lengkap, seperti serat dan protein.

Untuk kualitas, ALMONA Almond Milk menggunakan super-fine almond yang diproses menggunakan fine particle technology, sehingga mempunyai butiran yang kecil dan sangat halus di tenggorokan jika dibandingkan dengan banyak almond milk di pasaran. Dan untuk menunjang kelancaran produksi ASI, ALMONA diformulasi menggunakan ekstrak daun katuk ekstrak yang sudah terbukti dapat meningkatkan volume ASI.

Cara penyajian ALMONA juga praktis banget. Dikemas dalam bentuk sachet yang higienis, Mums cukup mencampurkan satu sachet ALMONA ke dalam 150 ml air hangat dan aduk hingga rata. Sebagai variasi, bisa menambahkan jelly, bubble, atau buah favorit.

Tertarik untuk tahu lebih banyak tentang ALMONA Almond Milk? Mums bisa mendapatkan informasi lebih lengkap dengan mengunjungi barefood.co.id/almona.

Yang penting diingat, memperkaya asupan nutrisi Mums selama masa menyusui, tak hanya bermanfaat untuk Mums, namun juga baik untuk si Kecil. Salah satunya adalah untuk mengenalkan si Kecil pada banyak rasa, sehingga ia terbiasa pada beragam makanan dan membuatnya tak pilih-pilih makanan nantinya.

Baca juga: 7 Tips Hindari Stres Selama Diam di Rumah karena Coronavirus

Sumber

Healthline. Almond Milk.

Mother.ly. Lactogenic Foods.

Live Science. Almonds Nutrition.

Comment

News Feed