by

Darurat! Bawa 4.000 Kru, Kapal Induk Theodore Roosevelt Terpapar Corona

KalbarOnline.com, WASHINGTON– Virus corona (Covid-19) menyerang kapal induk bertenaga nuklir milik Amerika Serikat, Theodore Roosevelt dan telah menginfeksi lebih dari 100 orang di dalamnya.

“Kami memberitahu kepada Pentagon, bahwa virus mematikan itu menyebar tak terkendali di kapal berisi 4.000 awak tersebut. Dia meminta bantuan agar para kru bisa segera dikarantina,” kata Kapten Brett Crozier seperti dikutip dari AFP, Rabu (1/4).

Lewat surat empat halaman, sang kapten menuliskan bahwa mereka tak sanggup membendung penyebaran Covid-19. Dia menggambarkan situasi mengerikan di atas kapal yang saat ini telah berlabuh di perairan Guam.

“Kami sedang tidak berperang. Para pelaut tidak boleh mati. Penyebaran virus itu berlangsung semakin cepat, terlebih fasilitas di kapal sangat terbatas,” ujarnya.

Chronicle mengatakan, ratusan orang di kapal perang itu dikonfirmasi terinfeksi virus corona, jumlahnya naik drastis dari laporan terakhir pada Jumat lalu. Crozier dalam suratnya juga meminta fasilitas karantina untuk seluruh kru di Guam.

Angkatan Laut AS tidak mengkonfirmasi isi surat yang juga dipublikasikan oleh The New York Times tersebut. Sementara itu Menteri Pertahanan Mark Esper menyatakan belum akan mengevakuasi kapal perang Angkatan Laut AS itu.

Dia meminta, seluruh awak tetap berada di dalam kapal untuk menghindari risiko yang tidak perlu. Esper menyerukan para awak tetap menjaga jarak selama berada di dalam kapal.

Dalam sebuah pernyataan, pejabat Angkatan Laut yang tidak bersedia disebutkan namanya mengatakan bahwa Crozier telah memberi tahu para pemimpin armada pasifik pada hari Minggu tentang masalah tersebut.

“Kepemimpinan Angkatan Laut bergerak cepat untuk mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan awak USS Theodore Roosevelt, dan sedang mengupayakan opsi untuk mengatasi masalah yang dikemukakan oleh komandan.” (afp/fin)

Comment

News Feed