Honda ADV150 Skutik Petualang dengan Ragam Fitur Kekinian

KalbarOnline.com – Seperti diketahui PT Astra Honda Motor (AHM) telah memperkenalkan skutik adventure terbarunya Honda ADV 150 lewat ajang GIIAS 2019 pada 18 April 2020 lalu. Dalam mempertegas kesan adventure, Honda ADV150 di desain dengan bentuk bodi yang bongsor, layaknya PCX 150 namun guratan bodi lebih tajam dan berotot.

Jangan heran bila kesan maco tampak begitu kental dari setiap sisi bodi pada skutik premium ini. Tak mau kehilangan pamor premiumnya Honda ADV 150 ini hadir dengan berbagai kelebihan bagi pengendara berkarakter aktif.

Motor adventure Honda ADV150 menggunakan mesin 150 cc eSP mampu menemani pengendara yang gemar bepetualang jarak jauh. Sangat wajar bila hal ini menjadi salah satu segmen yang menarik dalam meraih pasar.

Pada bagian eksterior memiliki konsep desain petualang yang gagah dan berotot namun tak meninggalkan kesan modern yang futuristik. Ini tercermin dari beberapa sektor bodi fisiknya dalam keseluruhan.

Di bagian depan, Honda ADV150 mempunyai desain lampu utama atau headlamp dengan bentuk menyipit seperti desain lampu mobil kekinian. Lampu depan juga sudah dilengkapi teknologi pencahayaan dari lampu Full LED, termasuk juga pada tail light maupun lampu sein.

Tak perlu heran bila skutik ini mampu memberikan penerangan yang lebih baik dengan jarak jangkauan cukup jauh dan jauh lebih efisien. Sedangkan pada bagian atas lampu depan Honda ADV 150 ini juga sudah dilengkapi dengan kaca pelindung atau Wind Screen yang sangat fleksibel dengan dua posisi ketinggian yang bisa diatur.

Selain itu pada sisi bagian bodi sampingnya juga tampak sangat menarik dengan bentuk desain sangat sporty yang menampilkan lekukan bodi sangat tajam, tegas. Bahkan, kesan sporty pada skutik ini juga tambah kuat dengan desain jok atau tempat duduknya dirancang berlekuk. Ini untuk memberikan posisi duduk yang lebih human-friendly.

Beralih pada bagian pijakan kaki, juga dibuat lebih fleksibel sehingga bisa membuat pengendara merasa nyaman saat dalam perjalanan. Kemudian, knalpot yang terpasang pada Honda ADV 150 terlihat begitu sporty yang mengikuti alur desain bodi sisi sampingnya dan terlihat menyatu. Sedangkan pada bagian buritan Honda ADV150 telah dibekali stop lamp LED yang dibuat lebih minimalis, akan tetapi tak menghilangkan kesan adventure yang diusungnya.

Honda ADV 150 menyajikan panel indikator full digital yang sangat modern dan futuristik

Pada bagian ini cukup menarik yaitu mengenai panel indikator atau speedometer. Honda ADV 150 menyajikan panel indikator full digital yang sangat modern dan futuristik. Pada panel ini menampilkan berbagai informasi penting diantaranya speedometer, full meter, average consumption, konsumsi/pemakaian bahan bakar instan, odometer, trip meter. Lalu tanggal dan waktu, indikator baterai, indikator suhu luar ruangan serta indikator waktu atau jadwal penggantian oli mesin.

Baca Juga :  EZVIZ C6N, Kamera Surveilans Rumah Bisa Dilihat dengan Smartphone

Semua informasi tersebut tersaji via layar digital dengan background biru yang begitu modern. Sehingga, mudah dipahami oleh setiap pengendara. Tak heran bila sektor panel indikator pada spesifikasi Honda ADV 150 tersebut semakin memperkuat kecanggihan yang diusungnya.

Spesifikasi Motor Honda ADV 150

Dimensi

Bila melihat dari sisi bodinya, tampak terlihat bongsor karena skutik ini dibangun dengan rangka tipe Double Cradle yang sangat kokoh namun ringan. Dari rangka tersebut, terbentuk dimensi bodi berukuran 1950 x 763 x 1153 mm dengan jarak sumbu rodanya mencapai 1324 mm.

Wajar bila bodi skutik ini terlihat besar menyamai PCX 150. Honda ADV 150 yang diposisikan sebagai skutik petualang maka memiliki kapasitas tangki bahan bakar 8 liter dan memiliki ukuran tinggi tempat duduk 795 mm. Ini sangat pas dan cocok dengan rata-rata postur tubuh orang Indonesia.

Honda ADV150 Skutik Petualang dengan Ragam Fitur Kekinian 2
Tampilan Honda ADV150 yang mempunyai karakter skutik petualang. (Astra).

Bahkan, untuk soal kenyamanan dalam berkendara melewati berbagai medan jalan juga akan dijamin keamanan dan kesesuaiannya mengingat memiliki jarak ground clearance setinggi 165 mm. Para pengendara tak perlu khawatir saat melalui jalan yang penuh batu karena akan aman saja. Dengan struktur rangka bodi maupun dimensi Honda ADV150, maka sudah pasti akan mampu menjamin kenyamanan pengendara dalam berpetualang.

Suspensi

Bagian ini merupakan bagian yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan motor saat dikendarai. Honda telah membenamkan bagian kaki-kaki pada Honda ADV150 ini dengan suspensi handal berupa Telescopic di bagian depan dan suspensi tipe Twin Subtank Rear Suspension di bagian belakang.

Dengan dibekali kedua suspensi tersebut akan membuat pengendara merasa nyaman meski melewati jalanan penuh bebatuan, karena mampu meredam getaran secara maksimal. Selain itu, Honda ADV150 dibekali juga dengan velg sporty berdiameter 14 inci (depan) dan 13 inci (belakang).

Honda ADV150 Skutik Petualang dengan Ragam Fitur Kekinian 3
Suspensi depan ADV150 yang menggunakan sistem upside down. (Istimewa)

Velg tersebut akan dibalut ban tubeless ukuran hingga 110/80-14 M/C di bagian depan dan untuk velg belakang dibungkus ban tipe tubeless dengan ukuran 130/70-13 M/C. Pada sistem keamanannya Honda telah membekali rem Hydraulic Disc pada bagian depan dan belakang. Dimana, dari setiap rem tersebut telah dibekali sistem pengereman berteknologi Triple Pot Hydraulic, CBS (untuk tipe CBS ) dan Anti – Lock Braking System (untuk tipe ABS).

Honda ADV150 Skutik Petualang dengan Ragam Fitur Kekinian 4
Suspensi belakang ADV150 yang sudah dilengkapi dengan tabung. (Naikmotor)

Dengan begitu maka kaki-kaki pada spesifikasi Honda ADV 150 ini siap menopang bobot rangka sekaligus menjaga keseimbangan motor secara maksimal saat dikendarai. Berpetualang akan semakin nyaman dengan adanya fitur yang diberikan di Honda ADV150.

Mesin

Honda ADV 150 dibekali dengan mesin tipe SOHC eSP Idling Stop System dengan kapasitas kubikasi mencapai 150 cc yang dikawinkan dengan transmisi otomatis tipe V-Matic. Yang diklaim sanggup mengolah menjadi tenaga hingga 10,7 kW ( 14,5 PS ) / 8.500 rpm dan torsi maksimum 13,8 Nm (1,34 kgf.m) / 6.500 rpm.

Baca Juga :  3 Fitur Baru LINE TODAY Dengan Teknologi Artificial Intelligence Recommender System (AiRS)

Pada sektor mesin yang diusung skutik ini juga dibekali sistem suplai bahan bakar dengan teknologi PGM – FI dengan rasio kompresi hingga 10.8:1. Dengan perhitungan tenaga mesin dan rasio kompresi tersebut semakin membuktikan jika sektor dapur pacu pada spesifikasi Honda ADV 150 ini begitu agresif, responsif, dan ramah lingkungan.

Fitur

Pada skutik ini ada beberapa fitur yang disematkan dengan tingkat kecanggihan yang cukup mumpuni dan fungsional. Seperti teknologi rem handal berupa Triple Pot Hydraulic dengan CBS atau sistem pengereman ABS. Sehingga, kedua fitur tersebut akan mampu menjamin keamanan maupun keselamatan si pengendara.

Ada juga panel full digital pada Honda ADV 150 yang memberikan informasi soal informasi motor saat berkendara. Dalam memberikan rasa nyaman ketika berkendara, Honda menyematkan Tapered Handle Bar yang akan memudahkan pengemudi dalam mengendalikan sistem kemudi.

Honda ADV150 Skutik Petualang dengan Ragam Fitur Kekinian 5
Bagasi Honda ADV150 yang besar mampu menampung barang hingga 28 liter. (Istimewa)

Bahkan tak hanya itu, ada juga boks konsol yang bisa menaruh gadget disertai dengan DC Power Charger yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterai ketika di perjalanan. Selain itu pada spesifikasi Honda ADV150 juga mempunyai bagasi luas 28 liter yang bisa untuk menaruh satu helm full face atau bawaan barang lainnya.

PT AHM memasarkan ADV150 dalam dua tipe yang dipasarkan. Yaitu Honda ADV150 tipe ABS ISS yang dipasarkan dengan harga Rp 36.5 juta. Sedangkan tipe ke dua yakni CBS ISS yang dijual dengan harga Rp 33.5 juta.

Mesin
Tipe Mesin SOHC eSP Idling Stop System
Kapasitas Silinder 150 cc
Rasio Kompresi 10.8:1
Tenaga Maksimal 10,7 kW ( 14,5 PS ) / 8.500 rpm
Torsi Maksimal 13,8 Nm (1,34 kgf.m) / 6.500 rpm
Suplai Bahan Bakar PGM – FI ( Programmed Fuel Injection )
Sistem Transmisi Otomatis, V-Matic
Tipe Starter Elektrik dan Kick Starter
Sistem Pendinginan Cairan
Konsumsi Bahan Bakar 46,6 km/liter (fitur ISS on)
Dimensi
Panjang 1950 mm
Lebar 763 mm
Tinggi 1153 mm
Jarak dengan tanah 165 mm
Jarak Sumbu Roda 1.324 mm
Tinggi Jok 795 mm
Kapasitas Tangki 8 L
Kaki-kaki
Tipe Rangka Underbone – eSAF ( Enhanced Smart Architecture Frame )
Suspensi Depan Teleskoptik
Suspensi Belakang Twin Subtank Rear Suspension
Rem Depan Hydraulic Disc, CBS, ABS
Rem Belakang Hydraulic Disc, CBS, ABS
Sistem Pengereman Wavy disc brake
Ban Depan 110/80 – 14 Tubeless
Ban Belakang 130/70 – 13 Tubeless

Comment