by

Update Covid-19 di Ketapang 29 Maret, 11 ODP Dinyatakan Sehat, Total ODP Jadi 59 Orang

KalbarOnline, Ketapang – Jumlah kasus orang dalam pemantauan (ODP) virus corona Covid-19 terus bertambah di Kabupaten Ketapang dari jumlah sebelumnya 60 orang, saat ini telah bertambah 10 orang.

Namun dari jumlah tersebut, 11 ODP telah dinyatakan selesai menjalani isolasi, sehingga total ODP di Ketapang menjadi 59 orang, Minggu (29/3/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas Posko Penanggulangan Covid 19 Kabupaten Ketapang, Rustami mengatakan kalau 11 ODP yang dinyatakan selesai menjalani masa isolasi tersebut berasal dari Kecamatan Delta Pawan, Sandai, Tumbang Titi dan Manis Mata.

“Hari ini ada 11 ODP yang telah selesai menjalani proses pemantaun dan di nyatakan sehat,” katanya, Minggu (29/3/2020).

Rustami menyatakan kalau 11 ODP tersebut telah dinyatakan sehat dengan pemeriksaan dari tim medis di Dinas Kesehatan Ketapang atau Puskemas setempat. Selain itu, Rustami menyebut kalau ada penambahan 10 ODP yang berusia dari 12 hingga 32 tahun. 10 ODP itu berasal dari Kecamatan Delta Pawan, Benua Kayong, Matan Hilir Selatan dan Nanga Tayap.

“Mereka ini baru pulang berkunjung dari daerah Pontianak dan Yogyakarta. Serta satu orang yang kontak dengan PDP,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Ketapang ini juga menjelaskan kalau penularan virus corona atau Covid-19 melalui droplets atau percikan, bukan melalui udara atau airbone. Menurutnya sangat keliru apabila ada yang mengatakan kalau Covid-19 bisa terbang kemana mana.

“Tetapi adalah menempel sifatnya itu yang harus kita perhatikan. Maka kita harus selalu cuci tangan pakai sabun pada setiap kesempatan,” imbaunya.

Ia juga menyampaikan kalau kondisi PDP yang sedang di rawat di ruang isolasi RSUD Agoesdjam Ketapang kondisinya semakin membaik. (Adi LC)

Comment

News Feed