Sejumlah Desa dan Kampung di Sekadau Gelar Tolak Bala

KalbarOnline, Sekadau – Merebaknya Covid-19 atau virus corona di Kalbar membuat sejumlah desa dan kampung di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat mengadakan ritual Tolak Bala tidak terkecuali kampung masyarakat muslim. Seperti misalnya di Desa Sungai Sambang.

Warga muslim Desa Sungai Sambang, Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau menggelar ritual tolak bala yang bertujuan untuk mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) di desa itu, Sabtu (28/3/2020).

Koordinator kegiatan, Uju Arpan mengatakan bahwa ritual yang digelar pihaknya itu merupakan ikhtiar agar daerah mereka terbebas dari pandemik corona. Dalam kegiatan tersebut, kata dia, seluruh warga berkumpul di tempat jalan-jalan sebelum masuk dekat perkampungan Sungai Sambang. Tidak hanya orang tua, tapi juga anak-anak. Mereka berdoa bersama. Warga juga membawa makanan ke lokasi ritual adat. Selanjutnya, makan bersama-sama.

Baca Juga :  Dua Sejoli di Sekadau Digerebek Ayah Lagi Setengah Bugil di Kamar

“Doa yang kita panjatkan memang khusus untuk menolak bala, yakni Virus Corona,” ujar Arpan.

Baca Juga :  Taksi Swa Kemudi Ini Tawarkan Solusi Transportasi Physical Distancing

Sementara salah seorang warga setempat, Bujang mengatakan, tolak bala merupakan tradisi yang sudah lama dilakukan para leluhur saat ada wabah penyakit. Warga masyarakat Sungai Sambang memohon pertolongan kepada Tuhan yang maha esa, agar wabah bisa hilang.

“Ini kita lakukan secara bersama-sama,” kata Bujang. (Mus)

Comment