DPD PDIP Kalbar Sulap Selokan Jadi Tempat Budi Daya Ikan

KalbarOnline, Kubu Raya – Selokan atau parit biasanya dicirikan kotor dan kumuh. Kebanyakan selokan bahkan malah dipenuhi sampah sehingga memunculkan bau tak sedap. Namun, tak semua selokan memiliki ciri-ciri tersebut. Salah satu selokan di ruas Jalan Arteri Supadio Sungai Raya, tepatnya di depan Kantor DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat justru menampilkan pemandangan berbeda dari kebanyakan selokan pada umumnya.

Pasalnya, selokan dengan panjang kurang lebih lima puluh meter itu dimanfaatkan oleh pengurus DPD PDI Perjuangan Kalbar sebagai tempat budi daya ikan. Sebanyak tiga ribu bibit ikan nila pun telah ditabur di selokan tersebut.

Bendahara DPD PDI Perjuangan Kalbar Sujiwo membeberkan alasan partainya memanfaatkan selokan menjadi tempat budi daya ikan. Ia menjelaskan, alasan utama di balik pemanfaatan selokan tersebut ialah menambah keasrian lingkungan kantor, sebagaimana yang diarahkan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Baca Juga :  Kepengurusan Ranting PDI Perjuangan se-Kecamatan Sintang Terbentuk

“Ini (pemanfaatan selokan) memang atas arahan Ketua DPD, Bapak Lasarus. Kemudian, ada arahan dari Ketua Umum PDI Perjuangan yang menghendaki agar sekretariat DPD dan DPC di seluruh Indonesia diperindah. Sebelumnya selokan ini sudah kita perdalam, kemudian nanti setiap hari akan dibersihkan. Mudah-mudahan ikan-ikannya nanti hidup dan berkembang,” katanya seusai menabur bibit ikan, Minggu (29/3/2020) pagi.

Pemanfaatan selokan yang sudah dicontohkan oleh DPD PDI Perjuangan Kalbar ini hendaknya dapat ditiru oleh kantor-kantor lain, terutama yang berada di sepanjang Jalan Arteri Supadio. Jika memang tidak bisa dimanfaatkan, lanjut Sujiwo, setidaknya selokan yang berada di sekitaran kantor dirawat kebersihannya.

“Kalau semuanya melakukan (pemanfaatan selokan), saya yakin bisa indah sepanjang jalan ini, makanya saya imbau semua kantor untuk memanfaatkan selokannya masing-masing. Kalaupun tidak bisa dimanfaatkan untuk hal-hal lain, ya minimal diperhatikan benarlah kebersihannya,” ajaknya.

Baca Juga :  Dicegat Saat Melintas di Jalan Rusak Siduk-Teluk Batang, Lasarus: Tanggungjawab Gubernur

Disinggung kembali soal arahan Megawati Soekarnoputri yang menghendaki agar jajaran pengurus PDI Perjuangan di daerah untuk memperindah sekretariat, Sujiwo mengungkapkan bahwa DPD PDI Perjuangan Kalbar akan terus berkreasi demi mempercantik kantornya. DPD PDI Perjuangan Kalbar bahkan bertekad menjadikan lingkungan kantornya sebagai ruang publik bagi khalayak ramai.

“Nanti kita akan bikin kafe, gerai, angkringan kalau malam. Kita memang punya niatan untuk menjadikan lingkungan kantor kita sebagai ruang publik. Nanti di sini masyarakat bisa kumpul dan melakukan aktivitas-aktivitas lain. Namun, tentunya kumpul-kumpul dan segala macamnya itu tadi setelah wabah korona ini berlalu,” pungkasnya. (Fai/Naj)

Comment