by

Begini Tips Membersihkan Perangkat Hindari Tempelan Virus Covid-19

Penyebaran virus Corona Covid-19 diprediksi karena adanya jarak dan interaksi antar sesama orang. Namun demikian, perpindahan perangkat baik tempat maupun pengguna masih menjadi ‘pembawa’ virus yang menyeramkan. Perlu ada tindakan khusus untuk menghindari perpindahan virus dari perangkat yang sudah terinfeksi dari bekas pegangan orang.

Berikut tips bagaimana membersihkan perangkat komputasi portable yang bisa berdampak buruk bagi pengguna, terutama di musim pandemi saat ini. Seperti kami tulis dari siaran rilis resmi produsen notebook HP dalam keterangannya melalui pesan surel.

  • Hal pertama yang harus diperhatikan pengguna adalah untuk selalu merujuk pada manual pengguna perangkat Anda.
  • Menyarankan untuk menggunakan disinfektan yang disarankan CDC (Centers for Disease Control and Prevention), yakni larutan alkohol yang mengandung 70% isopropil alkohol dan 30% air.
  • Gunakan kain microfiber untuk membersihkan perangkat dengan larutan ini, serta sarung tangan sekali pakai ketika membersihkan dan mensterilkan permukaan perangkat Anda.
  • Matikan perangkat dan daya listrik (untuk printer, steker harus dilepas dari stopkontak), dan perlengkapan eksternal lainnya. Jangan bersihkan perangkat dalam keadaan menyala atau terhubung ke stopkontak.
  • Usapkan perlahan kain lembap tersebut di permukaan yang hendak dibersihkan. Jangan biarkan cairan apa pun menetes ke bagian-bagian perangkat seperti keyboard, panel display atau port USB di panel kontrol printer, karena dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat.
  • Ketika membersihkan sebuah layar atau panel kontrol printer, usapkan kain pembersih dengan satu arah, dari bagian atas permukaan ke bawah.
  • Pastikan permukaan yang dibersihkan sudah kering sebelum menyalakan perangkat kembali. Jangan nyalakan perangkat bila masih ada cairan atau kelembapan yang tersisa di permukaan.
  • Buang sarung tangan setiap selesai membersihkan perangkat dan segera cuci tangan Anda setelah melepas sarung tangan.

The post Begini Tips Membersihkan Perangkat Hindari Tempelan Virus Covid-19 appeared first on KalbarOnline.com.

Comment

News Feed