Update Covid-19 di Kalbar, 9 Terkonfirmasi, 2 Meninggal, 2 Sembuh dan 5 Masih Diisolasi

KalbarOnline, Pontianak – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson mengumumkan lima tambahan baru pasien yang terkonfirmasi (positif) Covid-19 di Kalbar. Berdasarkan tambahan tersebut, total kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kalbar sampai saat ini mencapai sembilan orang.

Dari sembilan kasus, dua sudah dinyatakan sembuh, dua meninggal dunia dan lima masih diisolasi di beberapa Rumah Sakit di Kalbar.

Harisson menjelaskan, berdasarkan data sebelumnya, di mana hanya ada empat pasien terkonfirmasi Covid-19, artinya saat ini ada tambahan kasus terkonfirmasi 05 sampai 09.

“Untuk kasus 05 adalah seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP), laki-laki berusia 55 tahun yang dirawat di RSUD AM Djoen Sintang,” ujarnya kepada awak media, Minggu (29/3/2020).

Sementara kasus 06, di mana pasien merupakan seorang wanita berusia 69 tahun yang sebelumnya dirawat di ruang isolasi RSUD Soedarso Pontianak dengan status PDP dan telah meninggal dunia.

“Ini juga kasus konfirmasi covid-19, di mana ibu ini telah meninggal dunia pada 21 Maret 2020,” terangnya.

Baca Juga :  Peningkatan Prestasi Atlet, Pemkab Kapuas Hulu Komitmen Dukung Kegiatan Olahraga

Kemudian untuk kasus terkonfirmasi 07 merupakan seorang wanita berusia 52 tahun dengan status PDP yang sedang dirawat di RSUD Abdul Aziz Singkawang. Kasus terkonfirmasi 08 merupakan seorang laki-laki berusia 50 tahun berstatus PDP.

“Yang bersangkutan (Kasus 08) sempat dirawat di RSUD Soedarso namun telah dinyatakan meninggal dunia pada 25 Maret 2020,” tukasnya.

Sementara kasus 09 merupakan seorang laki-laki berusia 25 tahun. Yang bersangkutan merupakan teman kerja atau kontak langsung dengan kasus terkonfirmasi 01 yang sama-sama dirawat di RSUD Soedarso.

“Jadi sampai 29 Maret 2020 di Provinsi Kalbar, terdapat sembilan kasus terkonfirmasi Covid-19, dua kasus dinyatakan sembuh, dua kasus telah meninggal dunia dan lima kasus sedang diisolasi di RS,” pungkasnya.

Sebelumnya Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji juga telah mengumumkan bahwa ada empat orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di provinsi ini yang terkonfirmasi (positif) Covid-19. Dua orang di antaranya sudah meninggal dunia beberapa waktu lalu. Hal itu disampaikan Midji lewat akun facebook resminya pada Minggu (29/3/2020) sore.

Baca Juga :  Pemprov Kalbar Usulkan 9 Proyek Prioritas 2022 ke Pemerintah Pusat

“Ada empat PDP yang hasil labnya positif. Satu diantaranya ada kontak dengan pasien positif pertama yang sudah sembuh. Dua orang sudah meninggal,” tulis Midji.

Orang nomor wahid di Bumi Tanjungpura ini memastikan, para petugas kesehatan bakal menelusuri orang-orang yang pernah kontak langsung dengan pasien positif baru ini.

“Jadi ingatlah anda bisa jadi positif kalau anda tak jaga jarak dan tak pakai masker. Terus waspada tapi jangan panik. Jika cepat ditangani yg positif bisa sembuh,” bebernya.

Kendati demikian, Midji turut menyampaikan beberapa kabar baik terhadap pasien yang dirawat terkait Covid-19. Di mana ada 13 PDP yang dirawat di seluruh Rumah Sakit (RS) di Kalbar hasil laboratoriumnya dinyatakan negatif Covid-19.

Lalu dua pasien yang positif setelah dua kali pemeriksaan, hasil laboratoriumnya dinyatakan negatif dan artinya sudah bisa dinyatakan sembuh. Dan ada satu pasien positif hasil laboratorium pertamanya sudah negatif dan tinggal menunggu hasil laboratorium kedua. (Fai)

Comment