Yuk, Bikin Dalgona Coffee yang Viral di Tengah Pandemi Coronavirus

Untuk mencegah penularan dan penyebaran coronavirus yang semakin meluas dan meningkat, beberapa negara pun menerapkan social distancing atau sekarang yang kini disebut physical distancing dengan membatasi jarak satu sama lain dan sebisa mungkin tidak berkumpul atau melakukan aktivitas di tempat keramaian.

Selama menerapkan physical distancing, kita tentu akan melakukan berbagai aktivitas di rumah, salah satunya bekerja di rumah (work from home). Bekerja dari rumah pun rasanya kurang lengkap kalau tidak ditemani minuman, seperti kopi. Nah, baru-baru ini ada minuman yang viral di media sosial, seperti Instagram dan TikTok.

Baca juga: Yuk, Beli 7 Sayuran yang Tahan Disimpan Berbulan-bulan di Tengah Isolasi Mandiri Ini!

Minuman yang viral di tengah pandemi coronavirus itu ialah dalgona coffee. Banyak warganet yang mencoba membuat minuman tersebut dan membagikannya melalui media sosial. Kopi yang satu ini menjadi viral dan menarik perhatian warganet karena tampilannya yang menggugah selera.

Selain itu, dalgona coffee juga dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mengisi waktu saat harus berada di rumah. Tekstur dari kopi yang awalnya viral di Korea ini kental dan mengingatkan kita pada Dalgona (atau ppogi), camilan populer asal Korea. Adapun ppogi seperti karamel yang cara membuatnya ialah dengan memanaskan gula, minyak, serta soda kue, lalu dibiarkan hingga mengembang dan kental.

Baca Juga :  Kenali Tipe dan Cara Mendidik Anak yang Tepat

Baca juga: Yuk, Lebih Kenali Kandungan Creamer ‘Si Teman Kopi’!

Cara Membuat Dalgona Coffee

Untuk membuat kopi yang viral di tengah pandemi coronavirus ini Kamu cukup menyiapkan bahan-bahan berupa 2 sendok makan kopi instan, gula pasir putih, air panas, serta segelas susu. Pertama, campurkan dua sendok makan bubuk kopi instan, dua sendok makan gula pasir, serta dua sendok makan air panas pada wadah.

Lalu, kocok hingga tampak seperti foam selama 5-7 menit dan sisihkan. Nah, Kamu bisa mengocok dengan menggunakan mixer. Hal ini agar foam tampak mengembang. Ambil gelas, isi dengan beberapa bongkahan es batu sesuai dengan selara.

Baca juga: Tidak Bisa Minum Kopi? Hilangkan Kantuk dengan Camilan Ini!

Nah, Kamu bisa menggunakan gelas dengan ukuran medium ataupun besar. Tuangkanlah susu cair hingga ¾ gelas dan gunakan sendok untuk meletakkan atau memindahkan dalgona foam di atas susu. Dalgona coffee yang viral ini pun siap Kamu nikmati deh Gengs! Mudah bukan membuatnya?

Baca Juga :  Langkah-langkah Pencegahan Coronavirus pada Penyandang Diabetes

Untuk Kamu yang suka mengonsumsi es kopi susu, dalgona coffee bisa menjadi alternatif untukmu Gengs. Selain mudah membuatnya, kopi ini juga terasa nikmat dan creamy. Jadi, Kamu pun tidak bosan dengan kopi yang yang sama setiap harinya.

Baca juga: Lebih Sehat Kopi atau Teh? Ini Jawabannya!

Oh iya Gengs, pastikan Kamu tidak menggunakan gula yang berlebihan ataupun mengonsumsinya secara berlebihan, ya. Hal ini agar kadar gula darahmu tidak naik dan mencegah risiko diabetes. Kamu bisa membuat dalgona coffee sesekali dalam seminggu.

Jadi, apakah Kamu tertarik untuk membuat es kopi susu yang satu ini Gengs? Selamat mencoba, ya!

Baca juga: Suka Kopi, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Referensi

Good House Keeping. 2020. Dalgona coffee is the new viral way to have instant coffee.

NDTV Food. 2020. Dalgona Coffee Trend Goes Viral On Social Media: Here’s How You Can Make It at Home.

Kompas.com. 2020. Cara Membuat Dalgona Coffee, Kopi yang Viral di Tengah Pandemi Corona di Korea.

Comment