Polisi Ancam Bubarkan Pemilihan Pendamping Anies oleh DPRD Besok

KalbarOnline.com – Rencananya, DPRD DKI Jakarta bakal menggelar pemilihan wakil gubernur (Wagub) DKI Jakarta pada Jumat 27 Maret 2020 besok. Polisi pun bereaksi dengan mengancam akan membubarkan paksa.

Pihak kepolisian melalui Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus meminta DPRD DKI Jakarta untuk mematuhi imbauan social distancing guna memutus mata rantai penularan virus Corona atau Covid-19.

Menurut Yusri, jika pemberitahuan secara persuasif masih ditaati, maka polisi akan menghormatinya. Tetapi, bila memang imbauan itu tidak diindahkan maka pihaknya berhak melakukan pembubaran paksa seperti yang tertuang dalam Pasal 212 KUHP, 216 KUHP dan 218 KUHP.

Baca Juga :  Bendungan Tukul di Kampung SBY Ini Habiskan Rp916 Miliar Uang Negara

“Kalau baik-baik kita beritahu dicuekin, maka akan kita bubarkan secara paksa dan ada dalam undang-undangnya,” kata Yusri kepada wartawan di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Yusri menegaskan, selama ini pihaknya sudah melakukan imbaun untuk menunda segala bentuk pengumpulan massa dan acara yang sifatnya dapat mengundang orang banyak.

“Kalau selama ini kita kan selalu lakukan patroli, kalau memang selama patroli kita lakukan pembubaran secara persuasive,” tegasnya.

Namun, dia enggan menanggapi acara pemilihan Wagub DKI yang dapat mengundang banyak orang. Dia meminta agar media mengkonfirmasi hal itu kepada DPRD DKI Jakarta.

Baca Juga :  BPOM Pastikan Vaksin Covid-19 Tertunda Hingga Awal Tahun Depan

“Kalau itu silakan tanya ke DPRD, karena itu kewenangan mereka,” kata Yusri.

Sebelumnya, DPRD DKI Jakarta memutuskan untuk menggelar pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) meski di tengah merebaknya virus corona atau Covid-19. Pemungutan suara akan dilaksanakan pada Jumat (27/3/2020).

DPRD sempat menunda jadwal pemilihan karena corona pekan lalu. Wakil Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Basri Baco memastikan penentuan pendamping Anies akan dilangsungkan pukul 13.00 WIB.

“Jumat besok pemilihan (wagub DKI Jakarta) pukul 13.00 WIB,” kata Wakil Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub, Basri Basco. [rif]

Comment