by

Pemkab Ketapang Lakukan Penyemprotan Cairan Disinfektan Massal

KalbarOnline, Ketapang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang bersama dengan Kodim 1203 Ketapang, Polres Ketapang, Damkar SatPol PP, BPBD, Relawan dan Ormas melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara massal ke fasilitas umum yang ada di Ketapang, Kamis (26/3/2020).

Penyemprotkan cairan disinfektan yang dilakukan oleh petugas gabungan di tempat-tempat umum seperti rumah ibadah, perkantoran serta sejumlah ruas jalan protokol yang dikomandoi oleh Kodim 1203 Ketapang tersebut merupakan satu di antara upaya untuk memerangi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Pemkab Ketapang Lakukan Penyemprotan Cairan Disinfektan Massal 2

Aksi penyemprotan cairan disinfektan massal itu terbagi atas lima kelompok yang menyasar kawasan Kantor Bupati Ketapang, Perumahan Polres Ketapang, Rumah Sakit Fatimah, Komplek Brunde, Masjid Al Fatah, Lapas dan Panti Jompo serta Klenteng tua pekong hingga Pasar Rangga Sentap.

Sementara untuk mobil water canon milik Polres Ketapang bertugas melakukan penyemprotan di sepanjang Jalan MT Haryono, R Suprapto DI Panjatan hingga kembali ke Makodim 1203 Ketapang sambil memberikan himbauan kepada masyarakat agar selalu mematuhi surat edaran yang telah disampaikan Pemerintah.

Dalam kesempatan tersebut Dandim 1203 Ketapang, Letkol Kav Jami’an mengatakan, kegiatan penyemprotan disinfektan secara serentak tersebut dilaksanakan bersama semua komponen yang ada di Ketapang untuk mengantisipasi kemungkinan penyebaran Covid-19.

Pemkab Ketapang Lakukan Penyemprotan Cairan Disinfektan Massal 3

“Ini akan berlanjut sampai dengan tanggal 28 Maret 2020 mendatang. Hal ini juga dilakukan di kota-kota se-Kalimantan Barat hari ini, mereka semua secara serentak bergerak melaksanakan hal yang sama dengan melibatkan semua komponen masyarakat,” katanya, Kamis (26/3/2020).

Jami’an menjelaskan kalau tujuan dari penyemprotan disinfektan ini adalah untuk memutus media dari virus corona ini. Selanjutnya pada kesempatan tersebut dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mengurangi aktivitas diluar dan tetap tinggal di rumah.

“Sekarang ini kebijakan pemerintah adalah menerapkan physical distancing sehingga masyarakat jaga jarak agar masyarakat disiplin mematuhi. Kita tidak ingin kejadian di negara lain menimpa negara kita,” ujarnya.

Ia menambahkan kalau kunci untuk mencegahnya penyebaran Covid-19 satu di antaranya ialah kita harus bersatu untuk mematuhi semua kebijakan yang sudah dikeluarkan oleh Pemerintah.

“Semoga kita semua bisa melawan dan mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19 ini dengan baik,” imbuhnya. (Adi LC)

Comment

News Feed