by

Mums, Ketahui Berbagai Manfaat Kismis untuk Ibu Hamil!

Ibu hamil perlu mengonsumsi kacang-kacangan maupun buah kering, seperti almond, kacang mete, cranberry, hingga kismis. Seperti diketahui, kacang-kacangan dan buah kering mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan saat kehamilan. Apakah Mums suka mengonsumsi kismis? Jika iya, Mums perlu mengetahui berbagai manfaat kismis untuk ibu hamil. Apa sajakah itu?

Bolehkah Makan Kismis saat Hamil?

Sebelum mengetahui berbagai manfaat kismis untuk ibu hamil, beberapa Mums mungkin bertanya-tanya, sebenarnya bolehkah makan kismis saat hamil? Ibu hamil boleh kok makan kismis. Justru, kismis merupakan buah yang bernutrisi dan dapat memberikan manfaat kesehatan untuk ibu hamil.

Kismis kaya akan serat, yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, serat penting bagi tubuh, apalagi selama kehamilan. Hormon yang tidak seimbang selama hamil dapat menyebabkan berbagai gangguan pencernaan. Nah, kandungan serat dalam kismis dapat membantu mengatur sistem pencernaan.

Kismis juga mengandung zat besi lho, Mums. Seperti diketahui, zat besi penting untuk membantu mengatur aliran darah, menjaga kesehatan jantung, serta memastikan sel-sel darah pembawa oksigen melewati paru-paru, sehingga paru-paru dapat bekerja dengan baik. Kekurangan zat besi juga dapat menyebabkan anemia defisiensi zat besi, yang sering dialami oleh ibu hamil.

Selain kaya akan serat dan zat besi, kismis juga mengandung kalsium yang penting untuk kesehatan tulang, gigi, kulit, hingga untuk penyerapan kolesterol. Kalsium diperlukan oleh ibu hamil untuk perkembangan tulang janin. Oleh karena itu, Mums perlu mengonsumsi kismis saat hamil.

Baca juga: Seperti Apa Tempat Tidur Terbaik untuk Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua?

Lantas, Apa Saja Manfaat Kismis untuk Ibu Hamil?

Karena kismis mengandung nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan, berikut manfaat kismis untuk ibu hamil yang perlu Mums ketahui!

1. Menjaga Kesehatan Gigi

Kismis mengandung asam oleanolic yang dapat mencegah gigi berlubang atau rusak. Seperti diketahui, ibu hamil biasanya lebih rentan mengalami gusi berdarah. Nah, mengonsumsi kismis juga diyakini dapat mencegah bau mulut yang disebabkan oleh bakteri atau masalah pada mulut lainnya.

Baca juga: Manfaat Telur Ayam Kampung untuk Ibu Hamil

2. Mencegah Anemia

Selama hamil, Mums lebih berisiko terhadap anemia karena asupan nutrisi juga dibutuhkan untuk pertumbuhan atau perkembangan janin. Kismis mengandung vitamin B kompleks, zat besi, serta beberapa mineral yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh untuk mencegah anemia.

3. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat dalam kismis dapat melancarkan sistem pencernaan dan dapat mengeluarkan zat-zat yang tak diperlukan dalam tubuh. Selain itu, kandungan magnesium serta kalium dari kismis juga mengurangi keasaman serta memudahkan untuk mencerna makanan.

Baca juga: Bukan Hanya Bayi dan Anak, Ibu Hamil Juga Perlu Vaksin

4. Memberikan Energi

Kismis mengandung fruktosa dan glukosa yang menyerap vitamin esensial dari makanan yang kita konsumsi sehingga dapat memberikan atau menghasilkan energi. Saat hamil, tubuh mengalami berbagai perubahan. Oleh karena itu, Mums membutuhkan energi. Selain itu, kismis diyakini juga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Itulah keempat manfaat kismis untuk ibu hamil. Namun, pastikan Mums tidak mengonsumsi kismis dalam jumlah yang berlebihan karena dapat meningkatkan kadar gula darah dan meningkatkan risiko diabetes selama kehamilan.

Baca juga: Mums, Ini Dia Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil!

Referensi

First Cry Parenting. 2019. Eating Raisins During Pregnancy-Is it Safe?

Style Craze. 2019. 8 Benefits of Eating Raisins During Pregnancy.

Mom Junction. 2019. 6 Health Benefits of Raisins During Pregnancy.

Comment

News Feed