by

Mums, Ini Tips Jitu agar Si Kecil Doyan Makan Serat!

Agar kebutuhan serat si Kecil terpenuhi, Mums perlu mengenalkan dan membiasakan makan serat sedini mungkin pada si Kecil. Mengenalkan dan membiasakan si Kecil untuk makan serat bisa menjadi tantangan tersendiri. Jangan khawatir, yuk ikuti tips jitu agar si Kecil doyan makan serat berikut ini!

Tips Jitu agar Si Kecil Doyan Makan Serat

Makanan berserat seperti sayur dan buah-buahan penting untuk melancarkan sistem pencernaan serta meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Oleh karena itu, Mums perlu membiasakan si Kecil untuk mengonsumsi makanan yang berserat. Berikut tips jitu agar si Kecil doyan makan serat!

1. Ajak si Kecil Berbelanja

Salah satu tips jitu agar si Kecil doyan makan serat ialah dengan mengajak si Kecil berbelanja bahan makanan. Saat seperti ini, Mums bisa mengenalkan sayur dan buah-buahan, serta menjelaskan manfaatnya kepada si Kecil dengan bahasa yang mudah ia pahami.

Saat mengajak si Kecil berbelanja, ia akan melihat berbagai jenis sayur dan buah dengan beragam bentuk dan warna. Biarkan si Kecil untuk memilih sayur ataupun buah yang diinginkan olehnya. Dengan begitu, si Kecil akan tertarik untuk mencoba makanan berserat, seperti sayur dan buah-buahan.

Selain itu, saat berbelanja dengan si Kecil, pastikan Mums menciptakan suasana yang menyenangkan. Hal ini dilakukan agar si kecil menjadi lebih bersemangat mencoba sayur ataupun buah. Jika si Kecil menunjuk atau ingin membeli sayuran atau buah tertentu, jangan langsung melarangnya.

Baca juga: Tambah Nafsu Makan Anak dengan Makanan Ini, Mums!

2. Ajak si Kecil Membantu saat Memasak

Setelah mengajak si Kecil berbelanja, Mums juga bisa lho mengajak si Kecil untuk terlibat saat proses memasak. Mums bisa meminta si Kecil untuk membersihkan sayuran atau buah yang ia pilih saat berbelanja. Selain itu, Mums juga bisa mengajaknya membantu mengolah makanan dari sayuran atau buah yang dipilihnya tadi, seperti membuat smoothies, es buah, sup, dan camilan.

3. Buat Tampilan Makanan Menjadi Menarik

Tips jitu lainnya agar si Kecil doyan makan serat ialah dengan membuat tampilan sayur atau buah tampak menarik baginya. Si Kecil mungkin saja tidak menyukai sayur atau buah karena tampilannya kurang menarik lho, Mums. Oleh karena itu, Mums bisa berkreasi dengan menghias atau membentuk makanan si Kecil.

Baca juga: Anak Tidak Mau Makan, Apa Penyebabnya?

4. Jangan Memaksa si Kecil

Sebaiknya Mums tidak memaksa si Kecil untuk makan sayur atau buah tertentu jika ia belum mau mengonsumsinya. Suasana hati yang buruk justru akan membuat si Kecil tidak mau makan. Mums bisa mengenalkan sayur atau buah sejak dini dan secara perlahan.

Selain itu, jika si Kecil sudah mencoba sayuran atau buah tertentu dan ia tak menyukainya, Mums jangan langsung putus asa. Mums harus tetap mencoba beberapa kali agar si Kecil terbiasa makan sayur ataupun buah tersebut. Mums bisa memberikan dalam jumlah sedikit terlebih dahulu atau dipotong kecil-kecil.

Baca juga: Vitamin Otak untuk Membuat Anak Cerdas

Itulah keempat tips jitu agar si Kecil doyan makan serat yang bisa Mums lakukan. Selamat mencoba ya Mums! (AS)

Referensi

Liz Healthy Table. 2018. 19 Ways to Get Kids to Eat (and Love) More Vegetables.

Healthy Day. 2020. Delicious Ways to Sneak Fiber into Your Child’s Diet.

Healthline. 2016. 10 High-Fiber Foods Your Kids Will Actually Eat.

Comment

News Feed