Gerakan Bersih-bersih Pemuda Rasau Jaya Umum Diapresiasi Bupati Kubu Raya

KalbarOnline, Kubu Raya – Aksi sosial yang dilakukan sekelompok pemuda Desa Rasau Jaya Umum diapresiasi Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan. Aksi sosial dari pemuda yang menamakan dirinya sebagai “Relawan Gerakan Bersih-bersih” ini berupa pemasangan fasilitas pencucian tangan di sejumlah lokasi strategis.

“Luar biasa inisiatif pemuda-pemuda di Desa Rasau Jaya Umum ini. Sangat bermanfaat buat warga,” ujar Muda, kemarin.

Ada empat fasilitas pencucian tangan atau wastafel yang dilengkapi dengan sabun antiseptik itu diletakkan di persimpangan dan pintu masuk suatu kawasan. Di antaranya; simpang Sekunder C di Desa Rasau Jaya Umum, Pasar Tradisional di Rasau Jaya I, simpang menuju Rasau Jaya III (dekat jembatan unit kampung) dan simpang pelabuhan arah ke Bintang Mas di Rasau Jaya Umum.

Wastafel sederhana ini dibuat sebagai upaya pencegahan dini penularan virus corona atau Covid-19.

Baca Juga :  Desa Siap Kelola APBDes Nontunai

“Saya berharap, ini dijadikan upaya merubah kebiasaan pola hidup bersih dan sehat,” harapnya.

Gerakan Bersih-bersih Pemuda Rasau Jaya Umum Diapresiasi Bupati Kubu Raya 1

Muda mengucapkan terima kasih kepada para pemuda-pemuda Rasau Jaya Umum.

“Kalian telah berkontribusi ikut ambil bagian rasa tanggung jawab. Ini jadi contoh buat pemuda lain agar produktif dan kreatif,” tuturnya.

Meski dalam masa yang agak sulit seperti saat ini, kata Muda, namun para pemuda tetap semangat berbuat untuk masyarakat.

“Jangan dan tak pernah kendor. Harus semangat menanjak terus. Ini sudah keren,” ucap Muda.

Bupati Kubu Raya dua periode ini juga mengajak masyarakat untuk tetap berada di rumah. Tidak keluar rumah jika tak ada hal yang penting.

“Di rumah saja. Jaga juga kesehatan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Salah satunya dengan rajin mencuci tangan,” ajaknya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk terus patuh terhadap imbauan-imbauan dari pemerintah agar penyebaran virus corona dapat dihindari.

Baca Juga :  DSPMD Kubu Raya Serahkan Bantuan Bibit Ungul dan Pupuk Organik ke Sejumlah Karang Taruna

“Dengan kita jaga kesehatan dan berdiam diri di rumah serta mengindahkan imbauan pemerintah, maka ini memutuskan rantai penyebaran corona,” imbaunya.

Sebagaimana diketahui, pada Selasa 24 Maret 2020 kemarin, gerakan para pemuda Rasau Jaya Umum ini sudah berhasil memasang empat wastafel. Gerakan ini diikuti dengan aksi bersih-bersih dan penyemprotan disinfektan di sejumlah lokasi yang dilakukan oleh berbagai pihak, hingga sampai saat ini.

“Kemarin kita sudah buat empat wastafel, sekarang kita terus terus bergerak. Tadi kita sudah semprot disinfektan di rumah-rumah ibadah. Besok kita lanjut lagi. Kita juga dibantu pemuda dari desa lain. Ini suatu kekompakan yang baik. Jadi, jangan nunggu, ayo kompak bergerak,” ucap Ismail, salah satu relawan Gerakan Bersih-bersih. (Fai)

Comment