Khawatir ‘Bawa Virus’ Dari Jakarta, Gubernur Jabar “Larang” Warganya Mudik

KalbarOnline.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dengan tegas meminta warganya yang saat ini masih berada di DKI Jakarta untuk tetap berada di Ibukota atau sementara waktu tidak mudik selama pandemi Corona masih melanda.

Kang Emil-sapaan akrab Ridwan Kamil beranggapan, virus dari warga yang akan mudik berpotensi dibawa serta ke daerah. Alasannya, DKI Jakarta merupakan daerah episenter kemunculan virus tersebut sejauh ini. Karenanya, setiap warga Jabar yang mudik, akan langsung dimasukkan dalam daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Jangan mudik, karena sumber pandemi mayoritas ada di Jakarta. Kalau Anda pulang sebelum rapid test dilaksanakan, Anda punya potensi untuk jadi ODP,” ungkap Emil dalam konferensi pers di Gedung Pakuan, Rabu (25/3/2020).

Baca Juga :  Beradar Video Warga Menjarah Mobil Logistik di Jalur Trans Sulawesi Usai Gempa

“Itu karena Anda datang dari sebuah wilayah yang tingkat persebarannya banyak, datang dari sebuah tempat yang harus diwaspadai,” lanjutnya.

Dia mencontohkan beberapa waktu lalu angka jumlah ODP di Sumedang baru mencapai 3 orang. Namun, angka tersebut meningkat berkali-kali lipat selepas warga Sumedang yang bekerja di ibu kota pulang kampung. “ODP di Sumedang sekarang ada 300-an karena banyak yang pulang dari Jakarta,” ungkapnya, mengutip ayobandung.

Karenanya, Kang Emil meminta agar warga Jabar yang berada di ibukota atau daerah lainnya dengan peta persebaran Covid-19 yang tinggi untuk tetap berdiam di tempat. Hal tersebut dilakukan setidaknya hingga situasi beranjak kondusif. “Jangan mudik dulu untuk menghindari persebaran agar tidak terlalu besar, jangan keluar dari Jakarta sampai sikon kondusif,” ungkapnya.

Baca Juga :  Lemparkan Bom Molotov ke Masjid di Cengkareng, Pria Paruh Baya Ditangkap Polisi

Selain itu, Kang Emil juga meminta warganya untuk disiplin melakukan jaga jarak sosial atau social distancing, mengingat belum ada aturan lockdown yang ditetapkan pemerintah pusat maupun daerah. Warga sebaiknya hanya keluar rumah untuk mencari kebutuhan esensial.

“Negara-negara yang banyak diapresiasi adalah yang melakukan lockdown, tapi kita belum ke tahap se-ekstrem itu. Maka tinggalah di rumah, jangan berkerumun dan hanya keluar rumah untuk mencari pangan atau yang esensial,” ungkapnya.

“Jangan sampai Jabar ada lonjakan (kasus positif Covid-19) karena ketidakdisiplinan warganya. Bela negara sekarang bukan perang, tapi dengan tinggal di rumah” tutupnya.[asa]

Comment