Debut Smartphone Realme 6, Sensasi Sang Raja Baru di Kelas Rp 3 Jutaan

KalbarOnline.com – Realme menghadirkan Realme 5 dan Realme 5 Pro di tanah air pada September 2019. Kini, belum sampai setahun, penerusnya yakni Realme 6 dan Realme 6 Pro sudah diluncurkan oleh Realme di Indonesia. Soal Realme 6 dan Realme 6 Pro, keduanya ditawarkan dengan berbagai aspek yang menarik mulai dari sisi desain, jeroan, sampai ke experience yang ditawarkan.

Sementara khusus untuk Realme 6, handset tersebut sudah KalbarOnline.com jajal jauh hari sebelum perangkat tersebut diluncurkan di Indonesia. Penasaran dengan pengalaman KalbarOnline.com menjajal perangkat yang diklaim sebagai 64 MP Pro Camera, Pro Display itu? Simak ulasannya.

Kelengkapan
Ulasan Realme 6 dimulai dari aspek kelengkapan. Hal yang biasa dilakukan untuk pengujian smartphone adalah kelengkapan dan itu penting. Aspek kelengkapan bisa jadi urusan serius untuk pengalaman pembeli perangkat yang bersangkutan.

Realme 6 yang dijuluki sebagai smartphone 64 MP Performance King atau raja di segmen Rp 3 jutaan dari segi kelengkapan penjualan hadir dengan paket yang cukup lengkap. Meski begitu, seperti halnya smartphone Realme terdahulu, kekurangan seperti tak adanya earphone tetap ada di paket penjualan Realme 6 ini.

Produk dan kelengkapan smartphone Realme 6 (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Dari segi kelengkapan paket penjualan Realme 6, di dalam kotaknya terdapat satu buah 30W Flash Charge yang bisa mengisi daya baterai hanya 60 menit sampai penuh. USB Type-C cable, kitab-kitab panduan termasuk kartu garansi, SIM card tool ejector, screen protect film yang langsung terpasang di perangkat, dan satu buah Jelly Case untuk melindungi casing belakangnya. Realme 6 juga kini hadir lagi dengan kemasan berwarna kuning cerah, beda dengan pendahulunya yang berwarna putih.

Realme 6 di dalam paket penjualannya selain yang disebutkan di atas tidak ada lagi. Seperti sudah disinggung di atas, earphone absen dari kotak penjualan Realme 6. Menariknya sudah terpasang screen protector atau antigores. Ini nilai lebih bagi Realme setelah earphone absen pada paket penjualan handset teranyar mereka. Adanya jelly case juga membuat perangkat semakin siap pakai tanpa harus repot membeli produk aftermarket di pasaran.

Desain dan Layar
Unit Realme 6 yang kami jajal berwarna putih kebiruan atau disebut sebagai warna Comet White. Pilihan warna lain adalah biru yang disebut sbagai Comet Blue. Untuk perangkat yang kami coba adalah varian tertinggi dengan RAM/ROM 8/128 GB.

Dari aspek desain, Realme 6 masih tampil menawan. Seperti handset terdahulu, smartphone yang sengaja diletakan di segmen menengah ke bawah ini desainnya tampak diperhatikan dan terus mengalami pembaruan.

Desain belakang yang tampak berkilauan dengan polesan ala material kaca membuat Realme 6 nyaman dilihat, juga digenggam. Masih dari aspek desain bagian belakang perangkat, Realme 6 mengaplikasikan finishing yang berkilauan.

Debut Smartphone Realme 6, Sensasi Sang Raja Baru di Kelas Rp 3 Jutaan 2
Perangkat smartphone Realme 6 (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Pada sisi desain, handset yang diklaim merupakan upgrade dari Realme 5 Pro ini dikatakan terinspirasi oleh komet yang membelah langit malam yang gelap. Desain tersebut diaplikasikan dengan teknologi pelapisan optik baru, kecerahan, dan saturasi warna kemudian ditingkatkan untuk mendapatkan efek visual yang cerah dan menarik.

Pada bagian belakang tampak logo dan kamera disusun secara vertikal. Di belakang ada empat kamera utama yang semuanya mumpuni. Desain belakang Realme 6 jika diperhatikan dengan seksama, detail pengerjaannya masih begitu kentara dan tampak dibuat dengan sangat serius kendati segmennya adalah perangkat Rp 3 jutaan.

Pada sisi kirinya terdapat slot SIM-Card dan MicroSD yang bisa ditampung semua dalam satu laci. Laci tempat menyimpan SIM-Card dan MicroSD-nya dibuat dapat menelan dua kartu SIM dan MicroSD semua dalam satu tempat (dedicated slot). Masih di sisi kiri, terdapat tombol volume ‘Up and Down’. Sementara di bagian kanan, hanya ada tombol power.

Pada tombol powernya menarik, di area ini sekaligus disematkan area kapasitif untuk fungsi pemindai sidik jari atau fingerprint scanner. Area fingerprint yang semula berada di bagian belakang kini dipindahkan ke area tepi.

Debut Smartphone Realme 6, Sensasi Sang Raja Baru di Kelas Rp 3 Jutaan 3
Perangkat smartphone Realme 6 (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Berada di bagian bawah ada barisan elemen penting lainnya seperti slot USB Type-C, microphone, jack headphone, dan tak lupa lubang speaker sebagai pengeras suara. Sementara pada bagian atas polos. Bagian sisi-sisi kanan, kiri atas, dan bawah Realme 6 tak luput dari sentuhan detail. Meski warnanya tak semengilap desain keseluruhan, detailnya cukup diperhatikan dengan menyelaraskan tone warna yang sama dengan casing bagian belakang.

Pada bagian layar, Realme 6 menggunakan panel layar yang memiliki kemampuan refresh rate 90 Hz Ultra Smooth Display 6,5 inci. Dengan refresh rate 90 Hz dan laju pengambilan sampel 120 Hz, perangkat mampu menghasilkan 90 frame per detik dan layar 90 Hz memiliki refresh rate 50 persen lebih tinggi bila dibandingkan dengan layar 60 Hz konvensional.

Layar Realme dilengkapi dengan rasio 20:9, resolusi Full HD Plus 2.400 x 1.080 piksel dan screen-to-body fitment mencapai 90,6 persen dengan kecerahan 480 nits. Dengan layar besar 6,5 inci dan rasio screen-to-body demikian, Realme 6 menghadirkan pengalaman visual yang immersif dan pengalaman visual yang mulus dan halus dengan setiap gesekan layar. Perlindungan Corning Gorilla Glass 3 juga sudah hadir melindungi area layar Realme 6.

Baca Juga :  Review Samsung Galaxy Note 20 Ultra, Mau Apa Saja Bisa
Debut Smartphone Realme 6, Sensasi Sang Raja Baru di Kelas Rp 3 Jutaan 4
Perangkat smartphone Realme 6 (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Experience selama menggunakan smartphone ini di bawah terpaan sinar matahari langsung, layarnya bisa tampil dengan baik. Namun, agar lebih maksimal tentu harus mengatur tingkat kecerahan alias brightness ke mode penuh atau maksimal. Interaksi di dalam layar juga terbilang baik. Responsif ditambah dengan pengalaman sentuh yang halus. Pada bagian depannya tidak ada tombol fisik. Fungsi tombol Home, dan Back tersedia menyatu dalam layar sebagai tombol virtual bersama sistem operasi Realme UI Berbasis Android 10.

Pada sisi layar, Realme 6 semakin menarik lantaran hadir dengan konsep punch hole display kekinian untuk rumah dari kamera selfienya. Konsep demikian sebelumnya hadir hanya pada model smartphone flagship misalnya pada Samsung Galaxy S Series dan Note Series terbaru di rentang harga di atas Rp 6 jutaan.

Performa
Dari sektor performa, Realme 6 berdasarkan pengujian juga berbeda dari seri sebelumnya. Handset Realme 6 kali ini membawa bekal prosesor buatan MediaTek yakni Helio G90T dengan kinerja tinggi.

Chip MediaTek Helio G90T sendiri dirancang khusus untuk menjadi inti dari pengalaman gaming smartphone yang luar biasa namun di segmen harga yang terjangkau. Prosesor ini dibuat menggunakan proses fabrikasi 12 nm, membuatnya lebih kuat namun tetap efisien. Dia juga dilengkapi dengan dua core Cortex-A76 kinerja tinggi hingga 2.05 GHz serta enam core Cortex-A55 berefisiensi tinggi hingga 2 GHz, bersama dengan GPU 800 MHz Mali-G76.

Dengan kombinasi CPU terbaru, GPU, RAM super cepat dan AI yang kuat, Realme 6 menghadirkan pengalaman yang lancar bagi pencinta game mobile. Keseluruhan aspek tersebut juga semakin mumpuni dengan ditopang kombinasi RAM dan ROM besar yakni 4 atau 8 GB dengan ROM 128 GB.

Debut Smartphone Realme 6, Sensasi Sang Raja Baru di Kelas Rp 3 Jutaan 5
Screenshot uji benchmark smartphone Realme 6 (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Untuk performa selain menggunakannya sehari-hari, seperti biasa menyimulasikan dalam uji benchmark. Meski tidak merepresentasikan penggunaan sehari-hari, uji benchmark lewat aplikasi populer juga menjadi tolok ukur konsumen dalam memutuskan pembelian sebuah perangkat smartphone.

Untuk hasil simulasi menggunakan aplikasi populer menggunakan PC Mark (Work 2.0 Performance), Realme 6 berhasil membukukan skor sebesar 10550 sedangkan pendahulunya, Realme 5 Pro, hanya berhasil membukukan skor 8379 dengan sokongan chipset Qualcomm Snapdragon 712 saat itu.

Dengan hasil benchmark demikian, menjawab kalau Realme 6 benar-benar cukup bisa diandalkan untuk segmen harganya yang ekonomis. Perbedaan sangat terasa jika dibandingkan dengan model terdahulu.

Gaming
Setelah performa, aspek pengujian selanjutnya adalah kebutuhan gaming. Gaming saat ini juga penting bagi konsumen. Bagi mereka yang gemar bermain game, smartphone dengan kemampuan tersebut kini banyak diminati. Berbekal spesifikasi yang kami beberkan di atas, smartphone cukup kapabel untuk diajak bermain game. Sekali pun dengan ukuran dan kebutuhan grafis yang agak berat.

Handset Realme 6 untuk kebutuhan gaming, kami jajal dengan beberapa game sekaligus secara simultan. Ada game FPS, MOBA, dan game beraliran Racing tentunya. Untuk game FPS, kami menjajal Realme 6 dengan game Call of Duty: Mobile yang sedang hits. Lewat game ini, perangkat sanggup menjalankan tugasnya dengan sangat baik.

Debut Smartphone Realme 6, Sensasi Sang Raja Baru di Kelas Rp 3 Jutaan 6
Screenshot uji coba gaming dengan smartphone Realme 6 (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Untuk bermain game tersebut, setting grafisnya secara default diatur langsung ke mode high atau mode tinggi. Hal ini menunjukan kalau secara sistem perangkat Realme 6 memang benar bisa diandalkan untuk sektor performa dalam hal ini kebutuhan gaming. Game lainnya seperti aksi ngebut di jalan raya dengan Asphalt 9 atau Need For Speed No Limits, juga tidak mengecewakan tanpa gejala lag.

Selain aspek performa, keandalan perangkat ini menangani kebutuhan gaming seperti sudah disinggung di atas adalah karena hadirnya layar dengan refresh rate 90 Hz. Grafis yang disajikan di layar jadi kian terasa apik. Ketika diajak main game pun Realme 6 tidak terasa panas pada sektor bodinya.

Daya Tahan Baterai dan Keamanan
Keunggulan lainnya pada Realme 6 Series termasuk Realme 6 biasa adalah sektor baterai. Sebagai peningkatan dari Realme 5 Pro, sektor catu daya kini dibekali dengan baterai 4.300 mAh sementara pada model sebelumnya hanya 4.035 mAh. Dengan daya baterai segitu, ponsel ini cukup sanggup bertahan hingga sehari lebih pada penggunaan normal. Dalam hal ini, menjalankan aktivitas di sosial media dan bermain game dengan intensitas yang tidak terlalu tinggi.

Namun, jika digunakan full untuk bekerja, menjalankan banyak aplikasi chatting, sosial media, push email tethering hotspot, bermain game, menonton video, mendengar musik, hingga berfoto ria, Realme 6 sanggup bertahan seharian penuh. Dari pagi hingga malam atau dini hari dayanya masih belum habis.

Realme 6 dari sektor baterai juga dibekali dengan cukup banyak fitur. Yang paling menarik dari Realme 6 adalah di sektor daya, perangkat sudah mengusung teknologi pengisian daya 30W Flash Charge baru sementara pada model terdahulu hanya membawa teknologi pengisian 20W (5V4A).

Debut Smartphone Realme 6, Sensasi Sang Raja Baru di Kelas Rp 3 Jutaan 7
Perangkat smartphone Realme 6 (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Dengan teknologi ini, perangkat tersebut berdasarkan pengujian kami juga dayanya bisa diisi penuh dari nol hanya dalam waktu 60 menit atau 1 jam saja. Pada model sebelumnya yakn Realme 5 Pro dengan teknologi pengisian VOOC 3.0, perangkat tersebut dengan baterai 4.035 mAh hanya dapat diisi hingga 50 persen dalam 30 menit, dan 100 persen dalam 80 menit. Lebih lama 20 menit ketimbang Realme 6.

Baca Juga :  Gandeng Stingray, Link Net Hadirkan Jajaran Channel 4K Baru

Sementara untuk keamanannya, Realme 6 hadir dengan fitur yang terbilang komplet. Sebut saja fitur face unlock dan fitur keamanan biometrik seperti fingerprint scanner hadir pada perangkat ini. Sistem keamanan tersebut merupakan pelengkap dari yang sudah ada seperti nomor sandi dan pola.

Fitur face unlock-nya juga cepat dibandingkan dengan metode unlock lainnya. Sementara fingerprint-nya yang multifungsi dan kini dipindah ke area tepi juga masih sangat responsif. Fitur tersebut masih dapat membuka Realme 6 dengan sangat cepat.

Fitur-fitur keamanan tersebut tak hanya bisa digunakan mengunci layar smartphone. Fitur keamanan itu juga bisa digunakan untuk mengunci aplikasi dan menjadi brankas pribadi untuk melindungi files yang ada di dalamya. Ini termasuk pula yang kami suka. Dengan fitur keamanan demikian, smartphone ini bisa dikontrol penggunaannya bila mana user memiliki anak kecil yang aktif dengan smartphone. Penggunaan bisa dibatasi dengan mengunci aplikasi.

Kamera
Beralih ke sektor kamera. Saat ini kamera menjadi nilai penting konsumen untuk menjatuhkan pilihan membeli sebuah smartphone. Untuk menangkap momen apik dengan kamera smartphone, Realme 6 seperti sudah disinggung di atas hadir dengan fitur kamera lengkap sekaligus mumpuni secara angka-angka MP-nya misalnya saja sensor utama 64 MP AI Quad Camera dengan 119 derajat Ultra Wide-Angle Lens.

Pada bagian belakang, masing-masing detail kamera Realme 6 antara lain 64 MP Ultra high-resolution wide-angle camera 26 mm f/1.8, 6P lens dengan sensor Samsung GW1, 8 MP Ultra wide-angle lens FOV 119 derajat f/2.3 5P lens, 2 MP black and white portrait camera f/2.4 3P lens dan 2 MP macro lens 4cm focus f/2.4 3P lens. Di depan ada kamera selfie di area punc hole display dengan 16 MP f/2.0 5P lens.

Bicara fitur, kamera Realme 6 dibekali dengan banyak mode pemotretan misalnya Ultra 64MP Mode, Super Nightscape, Panoramic view, Expert mode, Timelapse, Portrait mode, HDR, Ultra wide mode, Ultra macro mode, AI scene recognition, AI Beauty, Filter, Chroma Boost, Slow Motion dan Bokeh Effect Control.

Untuk perekaman video, handset juga memiliku fitur perekaman video yang mendukung UIS Video Stabilization, UIS Max Video Stabilization, perekaman video 4K pada 30 fps, perekaman video 1.080 piksel pada 30 fps dan 60 fps serta perekaman video 720 piksel pada 30 dan 60 fps untuk kamera belakang.

Debut Smartphone Realme 6, Sensasi Sang Raja Baru di Kelas Rp 3 Jutaan 8
Kamera smartphone Realme 6 (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Tak ketinggalan pada bagian depan, fiturnya dan mode pengambilan gambar dibekali dengan Portrait Mode, Timelapse, Panoramic view, AI Beauty, HDR, Face-Recognition, Filter dan Bokeh Effect Control. Sementara untuk perekaman video mendukung hingga resolusi HD 1.080 piksel pada 30 fps.

Pengalaman menggunakan kamera smartphone Realme 6 seperti halnya menggunakan handset Realme lainnya, kami suka. Apalagi ada mode nightscape-nya dan kamera utama 64 MP-nya. Pemotretan malam hari jadi tak memiliki masalah. Kendati smartphone ini sudah disematkan LED flash light, bagi sebagian orang, menjepret malam menggunakan lampu LED seperti menghilangkan detail. Karenanya banyak vendor berlomba-lomba menghadirkan fitur atau mode terbaru untuk mengakomodir jepret-menjepret foto malam hari.

Hadirnya fitur nightscape atau mode malam masih sangat meningkatkan eksposur dalam pencahayaan redup yang ekstrem, sehingga meningkatkan kegunaan ponsel dalam kondisi seperti itu. Nightscape juga mampu mengontrol kinerja eksposur lebih baik dengan meningkatkan bagian yang redup untuk menampilkan detail yang lebih baik. Termasuk secara efektif mencegah noise untuk membuat foto lebih bersih. Penggunaan nightscape mirip dengan kamera long exposure. Dengan timing selama tiga detik, kamera akan menangkap cahaya lebih lama untuk membuat gambar menjadi lebih terang namun tidak over.

Hal lain yang membantu kamera Realme 6 lebih unggul adalah chroma boost-nya. Realme 6 ditambahkan dengan mode chroma boost yang menggunakan teknologi AI dapat membuat pemandangan dalam foto dapat dikenali dan dioptimalkan sesuai dengan rentang dinamis yang lebih besar.

Selain itu, warna-warna tertentu dapat dioptimalkan berdasarkan adegan agar terlihat lebih cerah dan lebih menarik serta mengurangi gejala noise pada pemotretan low-light. Over-all, kami suka dengan hasil kamera Realme 6 dan bisa diandalkan. Lihat saja pada hasil jepretan kamera Realme 6 pada bagian akhir artikel.

Kesimpulan
Pengalaman menggunakan smartphone Realme 6, cukup impresif. Jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, yakni Realme 5 Pro, Realme 6 sangat terasa peningkatannya.

Selain kamera, performa, hal yang menarik tentunya desain. Realme konsisten mempertahankan aspek desainnya yang menarik. Pada setiap seri terbaru selalu membawa desain berbeda yang tentu memberi konsumen semakin banyak pilihan desain smartphone.

Smartphone Realme 6 untuk kebutuhan daily driven sangat cukup untuk meng-cover kebutuhan pengguna yang beragam. Bagi kamu penyuka fotografi smartphone yang mengejar kepraktisan perangkat namun cukup bisa diandalkan, Realme 6 bisa menjadi pilihan setelah tahun lalu dihadirkan Realme 5 Pro.

Urusan kantong, perangkat ini juga dilego dengan harga yang relatif terjangkau melihat spesifikasi yang ditawarkan. Tidak terlalu menguras kantong.

Berikut hasil jepretan kamera smartphone Realme 6:

Debut Smartphone Realme 6, Sensasi Sang Raja Baru di Kelas Rp 3 Jutaan 9
Hasil foto dengan kamera smartphone Realme 6 (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)
Debut Smartphone Realme 6, Sensasi Sang Raja Baru di Kelas Rp 3 Jutaan 10
Hasil foto dengan kamera smartphone Realme 6 (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)
Debut Smartphone Realme 6, Sensasi Sang Raja Baru di Kelas Rp 3 Jutaan 11
Hasil foto dengan kamera smartphone Realme 6 (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)
Debut Smartphone Realme 6, Sensasi Sang Raja Baru di Kelas Rp 3 Jutaan 12
Hasil foto dengan kamera smartphone Realme 6 (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)
Debut Smartphone Realme 6, Sensasi Sang Raja Baru di Kelas Rp 3 Jutaan 13
Hasil foto dengan kamera smartphone Realme 6 (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Comment