Cegah Coronavirus, Ini Tips Aman Pesan Makanan Lewat Ojek Online

Di tengah pandemi coronavirus seperti saat ini, kita menjadi lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan diri serta physcial distancing. Seperti diketahui, baru-baru ini dilaporkan bahwa WHO mengganti istilah social distancing menjadi physical distancing.

Menurut Maria Van Kerkhove, kepala unit penyakit dan zoonis sekaligus pemimpin teknis untuk respons Covid-19 dari WHO, yang bisa dilakukan saat ini untuk menghindari diri dari coronavirus ialah tidak berada di tempat yang ramai, berada di rumah, serta mengurangi aktivitas yang tak perlu di luar rumah.

“Menjaga jarak fisik dari orang lain (physical distancing) bukan berarti bahwa kita memutuskan hubungan sosial dengan orang lain yang kita cintai,” ungkap Maria. Alasan inilah yang membuat WHO mengganti istilah social distancing menjadi physical distancing.

Nah, saat menerapkan physical distancing, kita harus berada di rumah dan menghindari bepergian jika bukan dalam kebutuhan yang mendesak. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang mengandalkan jasa pemesanan serta pengantaran makanan melalui aplikasi ojek online.

Baca juga: Aksi Borong Hand Sanitizer, Apakah Memang Efektif Membunuh Coronavirus?

Tips Pesan Makanan Lewat Ojek Online yang Aman

Sebenarnya, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, tidak ada bukti menunjukkan atau mendukung penularan coronavirus yang terkait dengan makanan. Namun, memungkinkan tertular Covid-19 dengan menyentuh permukaan atau benda di mana virus berada, lalu orang tersebut menyentuh mulut, hidung, atau matanya.

Baca Juga :  Perbedaan Karantina, Karantina Diri Sendiri, dan Isolasi, Selama Pandemi

Meski begitu, ada berbagai yang bisa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari coronavirus jika Kamu harus memesan makanan melalui aplikasi ojek online. Berikut tips pesan makanan lewat ojek online yang aman untuk mencegah penularan atau penyebaran coronavirus!

1. Hindari Kontak Langsung dengan Pengirim Makanan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk mencegah penyebaran atau penularan coronavirus, kita harus menerapkan pembatasan fisik (physical distancing). Nah, jika Kamu harus memesan makanan melalui aplikasi ojek online, usahakan untuk tidak melakukan kontak dekat dengan orang yang mengantarkan makanan.

Kamu bisa memberi tahu pengirim atau pengantar makanan untuk meninggalkan makanan di luar atau tempat khusus yang sudah Kamu sediakan di depan rumah, misalnya. Cara ini dilakukan untuk menghindari kontak dekat atau interaksi langsung dengan pengirim atau pengantar makanan.

Baca juga: Berapa Biaya Tes Coronavirus dan di Mana Bisa Dilakukan?

2. Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Memindahkan Makanan

Setelah mengambil makanan yang telah diantar, jangan lupa mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir. Hal ini untuk mengurangi risiko penyebaran kuman atau bahkan virus sebelum Kamu memindahkan makanan.

Baca Juga :  Cara Jitu Usir Rasa Sedih dan Galau Setelah Ditinggal Pasangan

3. Pindahkan Makanan Segera ke Piring

Setelah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, langsung pindahkan makanan ke piring. Segeralah juga membuang bungkus makanan tadi ke tempat sampah. Setelah itu, cuci tangan kembali dengan sabun dan air mengalir untuk mengurangi risiko penyebaran kuman maupun virus.

Baca juga: Ingin Bersihkan Rumah, Ini Daftar Produk untuk Disinfeksi Coronavirus!

Itulah ketiga tips pesan makanan lewat ojek online yang aman untuk mencegah penyebaran atau penularan coronavirus. Sebelum makan, ingatlah juga untuk mencuci tangan terlebih dahulu ya Gengs. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Kamu!

Referensi

Los Angeles Times. 2020. You can still order takeout and delivery. Tips to help with food safety worries.

WHO. Emergencies Coronavirus Press Conference Audio Transcripts.

Kompas.com. 2020. WHO Ubah Social Distancing Jadi Physical Distancing, Apa Maksudnya?

Comment