RSUD Agoesdjam Ketapang Siapkan Ruang Isolasi Penanganan Pasien Covid-19

KalbarOnline, Ketapang – Pemerintah Kabupaten Ketapang menyiapkan ruang isolasi untuk penanganan pasien kasus Covid-19 di rumah sakit rujukan RSUD Agoesdjam Ketapang. Sebanyak 25 tempat tidur akan disiapkan guna menampung pasien yang akan diisolasi nantinya.

RSUD Agoesdjam Ketapang baru-baru ini telah ditetapkan sebagai satu di antara rumah sakit rujukan untuk penanganan Covid-19 di Kalbar. Meski belum terdapat pasien yang positif Covid-19, namun Pemkab Ketapang terus melakukan persiapan guna mencegah, menekan dan menanggulangi penyebaran wabah tersebut.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Ketapang, Farhan mengatakan, kalau saat ini, petugas masih terlihat menyiapkan ruang isolasi di rumah sakit tersebut. Ruang itu sebelumnya adalah ruang pasien anak.

Baca Juga :  Kata Mereka Setelah Vaksin Covid Perdana di Kalbar

“Kita tengah mempersiapkan ruangan isolasi, apakah itu yang berkenaan dengan Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), nanti ini kita akan sekat, kita batasi,” katanya, Selasa (24/3/2020).

Sekda Kabupaten Ketapang ini menyebutkan, Pemkab Ketapang menargetkan dalam dua hari ke depan ruang isolasi di RSUD dr Agoesdjam siap digunakan. Ruang pasien anak kemudian dipindahkan ke ruang VIP.

“Kita juga akan membuat fasilitas untuk dokter yang melakukan pengecekan, di sini juga akan ada ruang ganti di belakang ini dan sekalian mereka bisa mandi selesai melakukan pengecekan pasien,” ungkapnya.

Baca Juga :  Singapura Catat 12 Kasus Impor, Salah Satunya Usai Kunjungi Indonesia

Selain mempersiapkan ruang isolasi untuk menampung pasien yang akan diisolasi, Farhan juga menyebutkan kalau Pemkab Ketapang juga tengah memastikan tenaga medis dan Alat Pelindung Diri (APD) juga telah tersedia dan siap digunakan jika sewaktu waktu virus Covid-19 terkonfirmasi positif muncul di Kabupaten Ketapang.

“Di RSUD Agoesdjam Ketapang terdapat 26 orang tenaga medis yang dipersiapkan untuk merawat pasien baik PDP maupun ODP,” tandasnya. (Adi LC)

Comment