Categories: Nasional

Cicu Pertanyakan Kesiapan Puskesmas Hadapi Pasien Suspek Corona

KalbarOnline.com,MAKASSAR– Dalam menangani virus Corona pemerintah didorong memaksimalkan fasilitas kesehatan dari tingkat primer yaitu puskesmas.

Melonjaknya jumlah pasien Corona baik itu ODP, PDP, atau positif terinfeksi dari hari ke hari, sementara rumah sakit rujukan jumlahnya terbatas dianggap akan menjadi bumerang di kemudian hari.

Untuk itu, Anggota DPRD Sulsel Andi Rachmatika Dewi mempertanyakan kesiapan puskesmas di Kota Makassar sebagai tempat rujukan awal pasien dengan gejala tertentu.

Hal itu menjadi sorotan utamanya karena Makassar adalah yang terbanyak ODP, PDP dan positif terinfeksi Corona di Sulsel.

“Semua pasien yang ada di kota Makassar pasti akan merujuk ke Puskesmas dulu, dengan berbagai gejala seperti flu, batuk, demam. Tanpa mereka tahu positif corona atau negatif pasti akan ke puskesmas dulu untuk mendapatkan rujukan ke rumah sakit,” papar Cicu, demikian sapaan akrabnya saat dijumpai di Rumah Jabatan Wali Kota Makassar, Selasa (24/03/2020).

Dirinya telah menerima laporan terkait kesiapan seluruh puskesmas hadapi pasien dengan gejala awal virus corona. Melalui Dinas Kesehatan Makassar, dinyatakan setiap puskesmas telah menerapkan standar pelayanan sesuai yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Misalnya seluruh tenaga medis hingga pekerja di puskesmas telah dilengkapi APD berupa masker dan sarung tangan. Penyemprotan hand sanitizer pun dilakukan terhadap setiap orang yang datang.

“Kami sudah sepakat dengan pemerintah kota Makassar bahwa sudah disiapkan juga ruang tersendiri di setiap puskesmas untuk pasien yang mengalami gejala batuk, flu, sesak nafas atau demam. Entah dia positif atau negatif tetap harus dipisah dengan pasien umum,” pungkas Ketua DPD Partai Nasdem Makassar itu. (endra)

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Pj Gubernur Harisson Harapkan HMI Kuat Secara Intelektual dan Mandiri Secara Finansial

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menghadiri kegiatan pelantikan pengurus Badan Koordinasi (Badko)…

7 hours ago

Kodim Putussibau Razia Pemain Layangan di Wilayah Putussibau Kota

KalbarOnline, Putussibau - Anggota Kodim 1206/Putussibau beserta Satpol PP Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan razia penertiban…

9 hours ago

Jadi Tuan Rumah, Polda Kalbar Ajak Masyarakat Dukung dan Sukseskan Kejuaraan Proliga Volley 2024

KalbarOnline, Pontianak - Polda Kalbar meminta kepada seluruh masyarakat Kalbar dapat mendukung dan turut memeriahkan…

9 hours ago

Pj Gubernur Harisson Buka Kejurnas Angkat Besi di GOR Pangsuma Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson membuka kejuaraan nasional (kejurnas) angkat…

9 hours ago

Harisson Lantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalbar Periode 2024 – 2029

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Harisson melantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalimantan Barat…

10 hours ago

Optimalisasi Peran Tim Pendamping Keluarga Cegah Stunting

KalbarOnline, Pontianak - Peran keluarga perlu dioptimalkan dan menjadi entitas utama dalam pencegahan stunting. Untuk…

10 hours ago