by

Review Acer Nitro 5 dengan Ryzen 5: Bikin Mudah Dapat FPS Tinggi

KalbarOnline.com – Saat ini, makin banyak varian laptop gaming. Acer yang punya seri Nitro untuk pasar gaming tak mau kalah. Mereka menghadirkan Nitro 5 yang disokong oleh Ryzen 5 3rd Generation. Meski hampir berumur satu tahun sejak dirilis pada pertengahan 2019, laptop gaming ini masih layak untuk melibas berbagai game kekinian.

Itu dikarenakan komposisi hardware pada laptop ini sudah powerful. Misalnya, CPU AMD Ryzen 5-3550H yang dikawinkan dengan AMD Radeon RX 560X 4GB. Selain itu, untuk menambah kencang performa ditunjang oleh RAM 8 GB DDR4 yang bisa ditambah hingga 32 GB.

Berikut review yang dilakukan KalbarOnline.com:

Desain:

Seri Nitro punya desain yang khas. Itu yang membuat Acer Nitro 5 dengan Ryzen 5 tidak memiliki perbedaan berarti dari segi desain dengan Acer Nitro 7 yang pernah kami review. Tetap menghadirkan bentuk yang bulky dengan warna hitam dan aksen merah. Namun tidak banyak carbon look.

Laptop ini memiliki bentang layar 15,6 inch. Lebih dari cukup untuk memuaskan mata saat bermain game atau menonton film. Refresh rate 144 Hz membuat game makin lancar saat ditampilkan. Selain itu, laptop ini juga memiliki backlight pada keyboard dengan cahaya merah. Menambah kesan keren.

Acer Nitro 5 memiliki backlight merah pada keyboard. (Dhimas Ginanjar/KalbarOnline.com)

Pada sisi kiri dan kanan, laptop ini memberikan konektivitas yang cukup lengkap. Mulai dari HDMI, USB ports untuk 2.0 dan 3.1, USB 3.1 Tipe C, RJ-45, hingga headphone dan microphone combo port.

Tenaga untuk menunjang laptop ini berasal dari baterai 55 Wh yang diklaim bisa berjalan hingga 7 jam. Meski baterainya besar dan bisa cukup lama tanpa dicolokin listrik, untuk mendapat performa terbaik tidak disarankan bermain dalam mode baterai. Performa terbaik bisa didapat jika laptop ini dijalankan dengan tenaga listrik.

Yang menarik, laptop ini memberikan keleluasaan pada beberapa hardware untuk bisa di-upgrade. Misalnya, dari sisi penyimpanan. Ada slot 2x M.2 (1x M.2 SATA, 1x M.2 PCIe/NVMe) jika tidak puas dengan performa hard disk. Selain itu, RAM juga bisa ditambah hingga 32 GB. Upgrade, tidak menghanguskan garansi.

Performa:

Sebagai laptop yang ditujukan untuk pasar gaming, performa sudah pasti oke. Apalagi jika laptop ini juga dipakai untuk menjalankan program kantoran umum. Ryzen 5 3rd Generation sudah lebih dari cukup untuk menjalankan aneka program kantoran.

Saat dicoba untuk menguji performa rendering melalui Cinebench R15 hingga 5 kali, nilai yang didapat stabil. Yakni, beradar di kisaran 80,83 FPS hingga 82,02 FPS untuk Open GL. Sedangkan CPU, mendapat 737 CB dan CPU (single core) 144 CB. Nilai itu bisa menjadi dasar untuk menyimpulkan bahwa jeroan laptop ini bisa diajak bekerja keras untuk multimedia.

Acer Nitro 5 dibekali AMD Radeon RX 560X 4GB. (Dhimas Ginanjar/KalbarOnline.com)

Fakta lain, saat diuji dengan 3D Mark, skor untuk Fire Strike adalah 5.747. Detilnya, Graphic Test 1 sebesar 33,16 FPS dan Graphics Test 25,55 FPS. Sedangkan Physic Test 31,32 FPS. Nilai itu menunjukkan jika Ryzen 5 3rd Generation yang dipadukan dengan AMD Radeon RX 560X 4GB handal untuk bermain game. Meski, tidak selalu dalam setingan tertinggi atau rata kanan.

Gaming Performance

Brand Nitro sebagai laptop gaming memang sudah memberikan jaminan bahwa bermain game adalah tugas utamanya. Oleh sebab itu, tidak ada keraguan kalau laptop yang disokong oleh AMD Ryzen 5 dengan Ryzen 5 3rd Generation ini bisa menjalankan berbagai game mainstream. Jika anda tipikal gamers yang suka dengan FPS tinggi yang enak di mata (lebih dari 50 FPS), laptop ini bisa membantu.

Namun, untuk catatan, pastikan driver yang terpasang selalu terbaru. Supaya tidak bingung, paling mudah meng-update software adalah dengan masuk ke situs Acer. Jangan lupa juga, performa bisa lebih terjaga jika bermain dalam mode listrik, bukan baterai.

Percobaan pertama adalah Resident Evil 2. Game ini bisa berjalan dengan sangat baik. Komposisinya adalah, game ini dimaikan dengan resolusi 1920×1080 dengan kualitas gambar 100 persen. Komposisi lain diatur sedemikian rupa hingga beban memori grafis menjadi 2.33 GB dari 3.94 GB.

Selama bermain, game ini berjalan dengan sangat lancar. Rata-rata nilai yang didapat adalah 53 FPS. Nilai tertinggi adalah 61 FPS. Lebih dari cukup untuk membuat Resident Evil 2 berjalan dengan lancar.

Game kedua yang dicoba adalah Need For Speed: Payback. Game berat ini juga mampu dijalankan dengan baik. Komposisi Ryzen 5 dengan Radeon RX 560X 4GB mampu menghasilkan skor rata-rata 54 FPS dengan nilai terendah 6 FPS dan tertinggi 111 FPS. Dengan nilai setinggi itu, game ini bisa berjalan tanpa lag.

Acer Nitro 5 punya desain khas laptop gaming yang bulky. (Dhimas Ginanjar/KalbarOnline.com)

Game ketiga adalah Far Cry 5. Game populer ini juga bisa dijalankan dengan lancar. Sebab, nilai rata-ratanya saja mencapai 60 FPS. Nilai tertinggi yang tercatat menembus 61 FPS. Dasar itulah yang membuat game ini bisa berjalan dengan lancar.

Game favorit lain yang tidak luput dicoba adalah Battlefield V. Game perang dari EA ini juga tidak mengalami kendala saat dijalankan. Buktinya? Skor rata-rata sebesar 55 FPS dengan nilai tertinggi 62 FPS. Bermain dengan FPS setinggi itu memang membuat pemain lebih yakin menyelesaikan pertempuran.

Game terakhir yang dimainkan di Nitro 5 Ryzen 5 adalah game favorit banyak orang, yaitu GTA 5. Nilai rata-rata yang didapat adalah 57 FPS dengan nilai tertinggi sampai 61 FPS. Namun, perlu diingat jika nilai setinggi itu masih menggunakan default pengaturan dari game.

Potensi untuk mendapatkan kualitas grafis yang lebih baik masih terbuka lebar. Sebab, memori grafis yang digunakan baru 2.359 mb dari ketersediaan 4.096 mb. Namun, meski berjalan pada pengaturan bawaan, defaultnya sudah cukup bagus. Sebab, parameter kualitas tekstur, kualitas refleksi, dan Post FX adalah very high. Sisanya, di kualitas high.

Comment

Terbaru