180 Negara Berebut APD, Masker dan Sanitizer

KalbarOnline.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap sejumlah negara mengalami kesulitan mendapatkan peralatan medis untuk tangani Corona. Setidaknya, kata Jokowi, ada 180 negara yang berebut mendapatkan distribusi alat pelindung diri (APD) hingga sanitizer.

“Masih banyak keluhan mengenai yang berkaitan dengan kelangkaan APD. Perlu saya sampaikan bahwa sekarang ini 180 negara kurang lebih, semuanya berebutan untuk mendapatkan baik itu APD, baik itu masker, baik itu sanitizer, semuanya, semua negara,” kata Jokowi di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020).

Baca Juga :  Tambah 1.693 Kasus Baru, Positif Covid-19 Jadi 128.776 Orang

Jokowi mengatakan, Indonesia sudah mendapat 105 ribu APD yang hari ini akan didistribusikan ke seluruh rumah sakit di Indonesia. Untuk wilayah DKI Jakarta, Bogor, dan Banten, total ada 45 ribu APD yang akan dibagikan.

“Kemudian 40 ribu unit akan didistribusikan untuk Jabar, Jateng Jatim, DIY, Bali,” ujar Jokowi.

Baca Juga :  Melalui Pelabuhan Kijing, Lasarus Dorong Perusahaan Sawit di Kalbar Genjot Kapasitas Ekspor

“Dan 10 ribu akan didistribusikan ke seluruh Provinsi di laur Jawa dan 10 ribu sebagai cadangan,” tambahnya.

Sebelumnya, Pesawat Hercules milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang diterbangkan ke China yang mengangkut sejumlah peralatan terkait penanganan penyebaran virus Corona (COVID-19) sudah mendarat lagi di Tanah Air. Tak tanggung-tanggung, pesawat Hercules tersebut mengangkut sebanyak 150 ribu tes kit. (jpnn/int)

Comment