Pemprov Sulsel Rapat Sosialisasi Pembentukan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19

KalbarOnline.com, MAKASSAR — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) melaksanakan rapat terkait sosialisasi Posko dan Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 19 (Covid-19), di Baruga Karaeng Pattingalloang, Sabtu, 20 Maret 2020.

Rapat yang dihadiri unsur Dinas Kesehatan Sulsel, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, Diskominfo Sulsel, serta Asosiasi Relawan Kedokteran Indonesia tersebut membahas langkah teknis yang akan diambil guna menangani Virus Corona yang saat ini sudah sampai di Sulsel.

Perwakilan Asosiasi Relawan Kedokteran Indonesia, dr Abdul Azis, mengatakan, Virus Corona ini adalah bencana biologis yang perlu diantisipasi secara bersama-sama. Dan salah satu upayanya dengan lebih memasifkan informasi tentang social distancing.

Baca Juga :  Data Prof Wiku dan Kemenkes Soal RS Penuh Pasien Covid-19 Berbeda

“Dengan social distancing cukup 14 hari, rantai penularan Virus Corona itu bisa kita putus,” katanya

Upaya lain yang harus dilakukan adalah dengan transparansi informasi. “Misalnya ada korban di satu tempat, harus diinfokan, minimal info wilayahnya. Selain itu harus ada tim yang melakukan contact tracking,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sulsel, Husni Thamrin, mengharapkan adanya peta penyebaran informasi yang jelas.

Baca Juga :  Bupati Fransiskus bersama Sekda Mohd Zaini Sambut Kedatangan Jemaah Haji Kalbar di Asrama Haji Batam

“Perlu adanya peta penyebaran informasi satu atap terkait Virus Corona ini, sehingga masyarakat tidak bingung dan menghindari ketidakjelasan informasi,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Humas, Informasi, dan Komunikasi Publik Diskominfo Sulawesi Selatan, Erwin Werianto, menjelaskan, untuk membantu masyarakat memperoleh informasi yang valid terkait penanganan Virus Corona tersebut, disediakan website resmi sebagai media center.

“Pemprov Sulsel telah melaunching website yang dapat diakses masyarakat sebagai media center untuk memperoleh informasi terkait Virus Corona. Masyarakat bisa langsung mengakses ke covid19.sulselprov.go.id,” jelasnya. (

Comment