Clean Up Selesai, Remediasi Radioaktif di Perum Batan Indah Terkendala Corona

KalbarOnline.com – Proses pembersihan lahan terpapar zat radioaktif di Perumahan Batan Indah, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), terkendala penyebaran virus covid 19.

“Secara teknis pekerjaan clean up sudah selesai, sekarang tinggal menunggu pernyataan dari Bapeten terkait clearance,” ungkap Kepala Bagian Humas Batan, Purnomo Sabtu (21/3/2020).

Menurutnya, setelah ada pernyataan Bapeten bahwa area terpapar di Perum Batan Indah, telah bersih dari zat radioaktif, maka selanjutnya akan dilakukan proses remediasi.

“Kami sudah menyiapkan skenario terkait remediasi, yang semula dijadwalkan hari Jumat kemarin, dimulai dengan pengukuran luasan lahan yang akan diuruk.  Namun karena adanya kebijakan WFH (work from home), maka untuk sementara waktu ditunda proses remediasinya. Mudah-mudahan hari Senin pengukuran dapat dilakukan dan selanjutnya, akan dilakukan pengurukan dan pengecoran dengan semen,” ucapnya.

Kadar paparan zatradioaktif di Perum Batan Indah, lanjut Purnomo saat ini, sudah hampir mendekati ambang batas normal. “Saya tidak hafal angkanya satu persatau setiap titik mas, tapi yang pasti angkanya sudah mendekati dengan background, dan apabila nanti dilakukan remediasi dipastikan akan normal kembali. Sampai terakhir sudah 888 drum berisi tanah dan vegetasi yang kami bawa ke PTLR,” tegasnya.[asa]

Comment