Yuk, Beli 7 Sayuran yang Tahan Disimpan Berbulan-bulan, di Tengah Isolasi Mandiri Ini

Korban wabah coronavirus atau Covid-19 masih menunjukkan tren terus bertambah di Indonesia. Hal ini membuat pemerintah mengeluarkan perintah agar setiap masyarakat sebaiknya tinggal di rumah masing-masing dan tidak bepergian untuk sementara waktu.

Perintah berdiam diri di rumah tersebut juga demi kebaikan kita sendiri, supaya terhindar dari penularan coronavirus. Namun, bagaimana dengan persediaan makanan di rumah? Bukankah kita harus keluar beli sayur segar beberapa hari sekali untuk persediaan makanan di rumah?

Enggak perlu panik, Gengs. Ada beberapa sayuran yang tahan disimpan berbulan-bulan. Pas banget membeli dan menyimpan sayuran-sayuran ini di tengah masa isolasi akibat wabah Coronavirus ini. Berikut 7 sayuran yang tahan disimpan berbulan-bulan!

Baca juga: 6 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

7 Sayuran yang Tahan Disimpan Berbulan-bulan

Kamu bisa membeli sejumlah sayuran yang tahan disimpan berbulan-bulan ini, sehingga enggak perlu selalu keluar rumah pergi ke pasar atau supermarket di masa isolasi ini.

1. Labu

Labu termasuk sayuran yang tahan disimpan berbulan-bulan, lho. Labu yang segar bisa bertahan hingga empat bulan jika di simpan di kulkas atau lemari pendingin. Kalau kulkas Kamu sudah penuh sehingga tidak bisa menyimpan labu di dalamnya, tidak perlu khawatir. Labu bisa bertahan hingga tiga bulan jika disimpan di meja dapur atau di dalam ruangan gelap dengan suhu yang cukup sejuk.

Baca Juga :  Bumil, Sebaiknya Jangan Lakukan Perawatan Kecantikan Ini Dulu, Ya!

2. Bit

Bit atau biasa disebut buah bit juga termasuk sayuran yang tahan disimpan berbulan-bulan. Bit bisa beratahan antara dua hingga empat bulan jika disimpan di dalam kulkas.

Namun, pastikan Kamu memotong daunnya. Pasalnya, jika masih tersambung, bagian daun tersebut bisa menyerap cairan dari akar bit, sehingga lama kelamaan bisa memengaruhi rasa, mengurangi nutrisi di dalamnya, dan menyebabkan sayuran ini mengerut.

3. Ubi

Ubi adalah sayuran yang kaya serat dan memiliki indeks glikemik rendah. Itu artinya, ubi dicerna tubuh secara lambat dan membuat Kamu merasa kenyang lebih lama. Ubi termasuk sayuran yang tahan lama disimpan berbulan-bulan.

Kalau ubi disimpan di dalam ruangan gelap dan sejuk, sayuran ini bisa bertahan hingga satu bulan. Sebagai tips, simpanlah ubi di dalam kantong yang longgar, sehingga sirkulasinya lancar dan ubi tetap segar.

Baca juga: 9 Manfaat Sawi Hijau untuk Kesehatan

4. Kembang Kol

Kembang kol termasuk salah satu sayuran yang paling populer di Indonesia. Sayuran ini seringkali diolah menjadi sayur atau tumisan. Ternyata, kembang kol termasuk salah satu sayuran yang tahan disimpan berbulan-bulan. Simpanlah kembang kol di dalam plastik, kemungkinan simpan di dalam kulkas. Dengan begitu, kembang kol bisa bertahan hingga dua bulan.

5. Kentang

Kentang adalah sayuran yang kaya nutrisi, mulai dari vitamin C hingga serat. Tentu saja, kentang adalah jenis sayuran yang tahan disimpan berbulan-bulan. Kentang bisa disimpan di kulkas dengan suhu di bawah 5 derajat celsius.

Baca Juga :  Panduan Ngemil Sehat untuk Penderita Diabetes

Namun, ternyata kentang bisa bertahan lebih awet hingga 2 – 4 bulan jika disimpan di dalam karung dalam suhu udara normal tanpa di ruangan gelap. Pasalnya, jika terpapar cahaya, warna kentang bisa berubah.

6. Wortel

Wortel yang kaya akan vitamin A ini termasuk sayuran yang tahan lama disimpan berbulan-bulan. Simpanlah wortel di dalam plastik. Namun, masukkan handuk kertas di dalam plastiknya untuk menyerap cairan yang masih tersisa di dalam. Gantilah dengan yang baru setiap kali handuk kertasnya basah. Karena kelembaban bisa mempercepat sayuran menjadi busuk, cara ini bisa menjadi taktik supaya wortel bisa bertahan lama hingga berbulan-bulan.

7. Bawang Putih dan Bawang Bombay

Supaya bawang putih tahan disimpan hingga berbulan-bulan, Kamu bisa menyimpannya di ruangan sejuk tanpa paparan sinar matahari. Sementara itu, untuk bawang bombay juga bisa bertahan hingga berbulan-bulan jika disimpan di tempat kering dan gelap. (UH)

Baca juga: 10 Sayuran yang Enak Dibuat Jus

Sumber:

Time. 7 Vegetables That Stay Fresh for Months. Februari 2016.
Wise Bread. 10 Fruits and Veggies That Stay Fresh a Month or Longer. Februari 2015.

Comment