Sudah 208 Warga DKI Positif Corona, Anies Minta Camat dan Lurah Kerja Keras

KalbarOnline.com – Pemprov DKI Jakarta meminta seluruh jajarannya hingga tingkat RT/RW untuk mencegah penularan virus Corona (Covid-19). Saat ini, Jumlah pasien positif korona di Jakarta bertambah 48 orang pada Kamis (19/3/2020). Total ada 208 pasien korona, 17 pasien meninggal, dan 13 pasien sembuh.

Melansir laman corona.jakarta.go.id, 208 pasien positif korona ini tersebar di 124 kelurahan. Masih ada 84 positif korona yang belum diketahui domisilinya, sedangkan 375 pasien menunggu hasil pengujian spesimen.

Dari 208 pasien positif korona, 108 pasien dirawat, dan 70 orang self isolation. Ada juga 480 orang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) di Jakarta. Sebanyak 290 orang masih dirawat, serta 190 orang sudah pulang dan sehat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, perkembangan penularan Covid-19 di Jakarta menunjukan tren yang amat tinggi. Sampai dengan Rabu (18/3/2020) kemarin, jumlah kasus positif di Jakarta itu 160. Artinya dalam hitungan 18 hari, dari mulai dua kasus positif menjadi 160 adalah pertumbuhan yang signifikan untuk sebuah tempat seperti di Jakarta.

Baca Juga :  Kantor Cabang Kejaksaan Negeri Sanggau di Entikong Terima Pembayaran Denda Rp3 Miliar

Untuk itu, kata Anies, pihaknya mengumpulkan seluruh Walikota, 267 lurah dan 44 Camat Dalam rangka rapat kerja melakukan langkah langkah agresif mencegah penularan.

“Langkah yang kita lakukan adalah kita semua tahu yang dicegah adalah penularanannya maka pembatasan interaksi dilakukan,” kata Anies usai rapat di kanror Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Kamis (19/3/2020)

Anies menjelaskan, para lurah nantinya akan bekerjasama dengan para RT/RW mengumpulkan semua masyarakat dan memberikan kesadaran atas risiko penularan. Semua kegiatan perkumpulan di kampung harus ditunda sampai penularan Covid-19 terkendali.

Menurut Mantan Menteri Pendidikan itu, pencegahan harus dilakukan dari lapisan masyarakat paling dasar. Untuk itulah, setelah rapat, para lurab langsung bekerja melakukan pencegahan dari level grass root.

“Jadi inti utama pertemuan tadi adalah menyamakan di semua wilayah dilakukan pembatasan interaksi antar orang satu satunya cara atau cara yang paling efektif untuk bisa  mengurangi potensi penularan. Jadi setelah paparan tadi para lurah kembali ke tempat dan mereka langsung bekerja kita berharap ini bisa segera tuntas,” pungkasnya.

Baca Juga :  Wabah Corona, Belasan Ribu Teken Petisi Skripsi Dihapus

Ditambahkan, Pemprov DKI Jakarta akui telah menyiapkan skema menutup kota sementara (Lockdown) untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19). Namun, saat ini DKI baru sampai tahap melakukan pengurangan interaksi.

Dikatakan, Pemprov DKI Jakarta harus mengantisipasi semua kemungkinan. Tahapan saat ini, pihaknya tengah melakukan pengurangan interaksi sebagai cara untuk mencegah penularan.

“Itu yang kita kerjakan sekarang. Jadi dengan cara seperti itu kita bisa mencegah terjadinya penularan,” kata Anies.

Anies menjelaskan, pencegahan denga pembatasan interaksi itu tidak bisanterjadi kalau hanya pemerintah yang menganjurkan tapi masyarakat tetap melakukan interaksi.

Untuk itu, Anies mengimbau kepada seluruh masyarakat membatasi interaksi lantaran virus yang dihadapi saat ini tidak terlihat, tapi penularannya sangat pesat dan tidak pilih pilih siapa saja, terutama yang berinteraksi dengan yang positif punya potensi tertular juga.

“Kalau setahu saya kita tidak melakukan itu (pengetatan keluar-masuk Jakarta),” ungkapnya.[ab]

Comment