RSU Singapura Sulap Tempat Parkir Untuk Tampung Pasien Corona

KalbarOnline.com – Dengan jumlah pasien Covid-19 yang meningkat dalam sepekan dan naik dua digit dalam beberapa hari terakhir, tempat parkir di Singapore General Hospital (SGH) akan disulap untuk menyaring pasien yang mengalami demam.

Tujuannya, agar beban tenaga medis yang fokus dengan pemeriksaan pasien Corona di dalam Rumah Sakit bisa sedikit berkurang. Pemanfaatan tempat parkir itu mulai direalisasika pada Jumat, (20/3/2020).

Langkah itu akan diawaki oleh staf dari enam divisi medis rumah sakit, serta departemen kesehatan keperawatan. Laangkah tersebut diumumkan pada Kamis, (19/3/2020), dalam sebuah catatan internal kepada staf yang dilihat oleh The Straits Times dan dikonfirmasi oleh juru bicara SGH.

Ditandatangani oleh kepala eksekutif SGH Kenneth Kwek dan ketua dewan medis Ruban Poopalalingam, catatan itu mengatakan bahwa area skrining baru akan membantu untuk mengelola meningkatnya jumlah pasien yang terinfeksi virus corona secara nasional.

Pada Kamis, Singapura mencatat 32 kasus baru. Ini sedikit lebih rendah dari 47 kasus yang tercatat sehari sebelumnya, jumlah harian tertinggi sejak awal wabah. Singapura sekarang memiliki total 345 kasus.

Pada hari Senin, Pusat Nasional untuk Penyakit Menular melihat antrian panjang yang tidak biasa , dengan orang-orang ingin melakukan tes Covid-19 tanpa janji atau konsultasi sebelumnya di klinik.

Dalam surat itu, Profesor Kwek dan Associate Professor Ruban mengatakan, “Anda akan membaca tentang lonjakan jumlah kasus Covid-19 baru di Singapura, dan mendapatkan jumlah kasus baru setiap hari. Ini adalah situasi yang telah kami antisipasi dan telah berencana untuk memenuhi peningkatan kebutuhan akan perawatan,” katanya.

“Kami dapat mengelola lonjakan karena adanya semua upaya. Banyak dari Anda telah mengembangkan diri Anda secara fisik, mental, emosional dan psikologis dan kami sangat berterima kasih atas semua yang telah Anda lakukan,” tambah mereka.

Karena kasus Covid-19 yang dipastikan melebihi 200.000 di seluruh dunia, rumah sakit telah bersiap diri menghadapi lonjakan tersebut. Rumah sakit di Singapura juga telah bersiap untuk peningkatan jumlah kasus, dengan kemungkinan lebih banyak kasus diakibatkan dibawa dari luar dalam beberapa hari terakhir.

Menteri Kesehatan Gan Kim Yong mengatakan bahwa tujuannya diubahnya tempat parkir adalah untuk mengurangi jumlah kasus setiap hari, sehingga sistem perawatan kesehatan dapat mengatasi beban tersebut.

Di SGH, dokter dari spesialisasi lain juga bergabung dalam upaya untuk mengobati pasien Covid-19, memberikan keahlian mereka kepada orang-orang di departemen Penyakit Menular dan Kedokteran Darurat, kata Profs Kwek dan Ruban.

“Relawan staf kami yang berdedikasi menyumbangkan waktu, keahlian, pengalaman, dan kemampuan mereka dalam mendukung upaya ini,” tambah mereka.

“Kami sangat tersentuh dan bersyukur atas dukungan Anda, yang memungkinkan kami memastikan bahwa kami memiliki kapasitas untuk memenuhi permintaan,” tutup mereka.[asa]

Comment