by

PKK Desa se-Kecamatan Sekadau Hilir Periode 2019-2025 Resmi Dilantik

KalbarOnline, Sekadau – Pengurus Tim Penggerak PKK Desa se-Kecamatan Sekadau Hilir periode 2019-2025 resmi dilantik, di Aula Kantor Camat Sekadau Hilir, Jumat (20/3/2020). Hadir dalam pelantikan itu, Ketua Tim Penggerak PKK Sekadau, Ny. Kristina Rupinus, Wakil Ketua PKK Sekadau, Ny. Vixtima Heri Supriyanti, Kepala Kantor Urusan Agama Sekadau Hilir, Forkopimcam Sekadau Hilir, Kapolsek Sekadau Hilir (diwakili), Danramil Sekadau Hilir (diwakili) Kades-kades se-Kecamatam Sekadau Hilir dan Ketua BPD se-Kecamatan Sekadau Hilir serta para tamu undangan lainnya.

Kepala Desa Mungguk selaku pembina TP PKK Desa se-Kecamatan Sekadau Hilir, Abang Irwandi dalam sambutannya meminta agar pengurus yang baru dilantik bisa bekerja dengan baik.

“Dengan pencapaian desa mandiri yang merupakan program bapak Gubernur Kalimantan Barat, kami bersama TP PKK desa akan bekerjasama untuk memenuhi beberapa indikator dalam mendukung desa mandiri, dalam bidang ekonomi masyarakat, PAUD dan Posyandu,” ujarnya.

Sementara Ketua TP PKK Sekadau Hilir, Hj. Nurbayani Syafi’i berharap kepada TP PKK yang baru dilantik supaya dapat bekerja dengan baik.

“PKK adalah, dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat dalam mensejahterakan keluarga dan masyarakat. Keberhasilan PKK terdapat pada lapisan masyarakat yang paling bawah,” tuturnya.

Nurbayani juga mengucapkan terima kasih kepada TP PKK yang lama atas semua pengabdiannya dan selamat kepada TP PKK yang baru saja dilantik.

“Selamat menjalankan tugas, semoga dapat bekerja dengan baik,” ucapnya.

Sementara Camat Sekadau Hilir, H. Syafi’i selaku pembina TP PKK Sekadau Hilir mengatakan, ibu-ibu TP PKK tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari Kepala desa. Ia berharap kepala desa supaya mendukung program PKK di desa.

“Desa boleh menganggarkan untuk program PKK sesuai aturan yang ada. Kami mengharapkan kepada Kades supaya menganggarkan dana untuk program PKK di desa,” kata dia.

Ia berpesan, kalau ada kegiatan-kegiatan TP PKK di desa, supaya saling bekerjasama dengan pihak desa.

“Mudah-mudahan dengan dilantiknya ibu-ibu PKK ini bisa bekerja dan mulai menyusun program kerja, menyusun struktur PKK di desa masing-masing,” harapnya.

“Mudah-mudahan kedepan lebih maju. Carilah inovasi-inovasi baru,” tandasnya.

Sementara Ketua PKK Sekadau, Ny. Kristina Rupinus menerangkan, yang dilantik pihaknya adalah ketua, sementara untuk tim PKK di desa, akan dikukuhkan oleh masing-masing kepala desa.

“Untuk kepengurusan PKK supaya anggota PKK yang lama tidak dihilangkan, agar bisa dimasukkan sebagai pengurus. Minimal 50 persen,” pesannya.

Ia juga menekankan agar yang jadi pengurus PKK tidak hanya perempuan. Sebab, jelas dia, PKK bukan hanya urusan perempuan karena menyangkut pembangunan pemberdayaan di desa masing-masing.

“Pelantikan ini juga bukan seremonial tapi diberi amanah dan kepercayaan untuk mengurus PKK desa mengisi pembangunan menuju keluarga menuju keluarga sejahtera maju dan mandiri, melakukan 10 program pokok PKK. Yang utama adalah Posyandu atau masalah kesehatan, PAUD untuk pendidikan, pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui kelompoknya,” tegas istri orang nomor satu di Sekadau ini.

Kristina juga menyampaikan kepada para Kades, agar jangan takut memberikan anggaran untuk PKK.

“Ini sudah ada aturannya. Saya berpesan, dalam menjalankan tugas hendaknya selalu berkoordinasi dengan TP PKK Kecamatan, jika dipandang perlu supaya melanjutkan ke TP PKK Kabupaten supaya jika ada permasalahan bisa diatasi secara berjenjang,” pesannya.

“Dalam menjalankan tugas, hendaknya selalu bekerjasama. Diharapkan kepala desa untuk mendukung TP PKK desa dalam melaksanakan program-program PKK desa. Demikian juga sebaliknya, TP PKK desa harus selalu berkoordinasi dengan kepala desa supaya semua program sesuai dengan program desa,” tandasnya. (Mus)

Comment

News Feed