Erick Thohir Beli Alat Tes Corona Dari Sejumlah Negara

KalbarOnline.com – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengambil langkah cepat untuk merespons dampak luas pandemik Covid-19 atau virus corona yang tengah melanda dunia.

Menteri BUMN Erick Thohir menyadari bahwa dampak dari pandemik ini tak hanya menghantam sisi kesehatan, melainkan juga sektor ekonomi dan moneter. Pihaknya kata dia, bergerak cepat dengan menyiapkan sejumlah langkah strategis.

“Sesuai dengan arahan Pak Presiden bahwa kita mesti fokus pada tiga hal kesehatan, social safety, dan menjaga daya beli masyarakat atau hal-hal yang friendly dengan dunia usaha,” ujar Erick dalam konferensi pers digital yang dilakukan Kementerian BUMN, Jumat (20/3/2020).

Lebih lanjut Erick mengatakan, pihaknya yang memiliki sejumlah sumber daya kesehatan akan memanfaatkan dayanya untuk membantu masyarakat yang terdampak langsung pandemik Covid-19 atau virus corona.

“Selain itu, seluruh CSR BUMN tahun ini akan difokuskan untuk membantu pengadaan alat-alat kesehatan,” ungkapnya.

Kementerian BUMN, kata Erick, sudah membeli alat tes Corona dari sejumlah negara. Alat tes ini akan diserahkan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk segera disalurkan pada publik.

“Ada 60 ribu (alat tes). Jadi alat tes kita ada dua macam, ada tes air liur dan ada yang darah. Kita prioritaskan yang air liur. Tes air liur akan dipergunakan untuk rumah sakit,” imbuhnya.

Selain itu, Kementerian BUMN juga telah memproduksi lebih dari empat juta masker yang kini bisa diakses publik secara umum di seluruh toko obat dan lokasi jual beli alat-alat kesehatan. [rif]

BACA JUGA:  Bantah BNPB, Risma Ogah Sebut Penghadangan Mobil Logistik sebagai Aksi Penjarahan

Comment