BAZNAS Distribusikan 10 Ribu Masker untuk Tenaga Kesehatan di RSUP Persahabatan

KalbarOnline.com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker sebanyak 200 box yang berisi 10 ribu masker untuk tenaga kesehatan di Jakarta, Kamis (19/3/2020).

Kegiatan pendistribusian ini dipimpin langsung oleh Kepala Lembaga Program Rumah Sehat BAZNAS, dr Reza Ramdhoni bersama tim di dua lokasi yakni di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan sebanyak 100 box, dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta sebanyak 100 box.

Reza mengatakan kegiatan pendistribusian masker ini sebagai bentuk dukungan Rumah Sehat BAZNAS kepada pemerintah dalam penanganan Covid-19. Dalam rencana aksi nasional BAZNAS menghadapi Covid-19, program pencegahan menjadi prioritas utama agar tidak terjadi penularan secara luas di masyarakat. Termasuk tenaga kesehatan dan relawan yang bekerja di garis terdepan dalam menghadapi kasus Covid-19.

Baca Juga :  Airin Rachmi Diany Ungkap Tiga Tantangan yang Dihadapi Pemerintah Daerah di Indonesia Akibat Pandemi Covid-19

“Dibutuhkan dukungan secara moril dan materil untuk tenaga kesehatan yang berada di garda terdepan dalam menangani Covid-19 ini. RSUP Persahabatan merupakan salah satu rumah sakit rujukan pasien Covid-19. Masker menjadi salah satu alat pelindung penting yang harus dikenakan tenaga kesehatan di sana saat menjalankan tugasnya menangani pasien baik positif maupun suspect Corona,” jelasnya.

Reza menambahkan status Covid-19 yang kini sudah menjadi pandemi global, saling mendukung sebagai sesama tenaga kesehatan sangat penting dalam kondisi darurat bencana non alam seperti ini. Terkait hal tersebut, Rumah Sehat BAZNAS juga telah melakukan beberapa aksi pencegahan di seluruh jaringan Rumah Sehat BAZNAS di seluruh Indonesia lewat edukasi dan promosi kesehatan.

“Rumah Sehat BAZNAS terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan maupun Dinas Kesehatan untuk terus mengambil peran membantu apa yang masih menjadi ruang kosong dari pemerintah dalam menangani kasus Covid-19 ini,” ucapnya.

Baca Juga :  Berbulan-bulan Terlantar, 6 ABK Termasuk Satu Jenazah WNI dari Kapal Tiongkok Berhasil Dipulangkan

Rencananya Rumah Sehat BAZNAS akan menjalankan rencana aksi di seluruh jaringan Rumah Sehat BAZNAS salah satunya yaitu menyediakan akses sarana cuci tangan pakai sabun berupa wastafel portable yang ditempatkan di tempat umum, tempat ibadah dan tempat makan, dengan mengkampanyekan cuci tangan.

Sementara itu, Direktur BAZNAS, M Arifin Purwakananta berharap langkah BAZNAS dalam membantu pendistribusian masker untuk tenaga kesehatan bisa menjadi inspirasi lembaga zakat lainnya untuk turut memberikan dukungan kepada pejuang kesehatan dengan peralatan perlindungan diri yang lebih memadai.

“Semoga gerakan zakat bisa menjadi bagian elemen penting dalam perjuangan melawan wabah Covid-19. Mari saling bekerjasama dan mendukung kebutuhan mereka yang berjuang, agar keadaan bisa normal kembali,” tegasnya.[ab]

Comment