24 Juta Orang Terancam jadi Pengangguran Gegara Corona

KalbarOnline.com – Ekonomi dunia tergoncang akibat pandemi COVID-19. PBB memperkirakan lebih dari 24 juta orang di dunia akan kehilangan pekerjaan mereka jika tidak ada tindakan yang dilakukan sekarang.

24 juta orang terancam kehilangan pekerjaan akibat pandemi COVID-19 , demikian diumumkan oleh Organisasi Buruh Internasional PBB (ILO) pada Rabu (18/03).

ILO seperti dikutip dari website resminya telah melakukan beberapa skenario berbeda untuk melihat dampak COVID-19 terhadap pertumbuhan GDP secara global. Hasilnya, angka pengangguran secara global dilaporkan dapat meningkat sebanyak 5,3 juta berdasarkan skenario “rendah” dan 24,3 juta berdasarkan skenario “tinggi”, kata Organisasi Buruh Internasional PBB (ILO) dalam laporannya.

Baca Juga :  Tokoh Masyarakat, Agama dan Pemuda se-Kecamatan Madang Suku II Deklarasi Dukung Enos-Yudha di Pilkada OKU Timur

“Tapi, jika respon kebijakan dapat terkoordinasi secara internasional, seperti yang terjadi pada krisis keuangan global di 2008/9, maka dampaknya terhadap pengangguran global bisa jauh lebih rendah,” tulis ILO di website mereka.

Sebagai perbandingan, 22 juta orang kehilangan pekerjaan dalam krisis keuangan tersebut.

Baca Juga :  BPOM Pastikan Keamanan dan Efektivitas Vaksin COVID-19 Sebelum Diedarkan

Tidak bisa dipungkiri, pandemi COVID-19 telah membuat banyak sekali bisnis tertekan, bahkan pemerintah di beberapa negara telah berjanji akan mengambil langkah-langkah untuk mencegah adanya PHK.

 “Ini bukan lagi krisis kesehatan global. Ini juga telah menjadi krisis pasar tenaga kerja dan ekonomi yang berdampak besar terhadap hidup banyak orang,” kata Guy Rider, Direktur Jenderal ILO.[ab]

Comment