PKS Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan Diri Ditengah Ancaman Corona

KalbarOnline.com – Wakil Ketua Fraksi PKS DPR Netty Prasetiyani mengimbau kepada masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan ditengah virus Corona. Apalagi, terang dia, BNPB sudah memperpanjang keadaan bencana nasional akibat penyebaran Covid-19 hingga 29 Mei 2020.

“Langkah yang tepat guna membangun kewaspadaan tinggi terhadap dampak buruk yang akan timbul. Negara harus berperan optimal guna melindungi rakyat dari bencana yang lebih luas,” kata Netty di Jakarta, Kamis (19/3/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Netty meminta pemerintah memberikan dukungan penuh  kepada seluruh rumah sakit, klinik dan tenaga medis dalam melaksanakan tugasnya.

“Tenaga medis di rumah sakit dan klinik adalah garda terdepan yang dengan dedikasi tinggi berjuang di hari-hari sulit ini melawan Covid-19. Dukungan berupa penyediaan  alat, bahan dan bahkan pemberian insentif lebih adalah hal yang harus dilakukan,” ujarnya.

Baca Juga :  Ketua KPK Ancam Hukum Mati ‘Pengemplang’ Dana Penanggulangan Corona

Tidak lupa, Netty pun memberikan dukungan moril dan mendoakan agar perjuangan ikhlas mereka mendapat balasan yang besar dari Tuhan Yang Maha Kuasa. “Pemerintah perlu lakukan penutupan sementara semua tempat yg berpotensi menjadi lokasi berkumpulnya massa, seperti  tempat wisata, hiburan dan perkantoran,” tuturnya.

Terkait wilayah sebaran Covid-19 yang semakin bertambah, Netty meminta pemerintah melakukan pencegahan atau pembatasan  mobilisasi warga keluar dari dan masuk ke lokasi terjangkit.  “Sudah saatnya warga diinstruksikan berdiam di rumah untuk self isolation.  Bekerja, belajar dan beribadah dari rumah,” jelasnya.

Tujuan berdiam di rumah, kata Netty, adalah untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. “Jadi siswa diliburkan agar benar-benar di rumah dan tidak melakukan interaksi sosial di luar. Jangan malah jalan-jalan ke tempat keramaian seperti ke mall,  pusat hiburan atau wisata. Jika tidak sekolah tapi tetap keluar rumah, ya percuma saja,” urainya.

Baca Juga :  Batal Diperiksa Terkait Acara Habib Rizieq, Polri Pastikan Lurah Petamburan Positif Covid-19

Terakhir, Netty mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bahu membahu membangun gerakan sadar Covid-19. “Ini menjadi persoalan bangsa yang harus dihadapi bersama. Semua elemen masyarakat harus bergerak. Tokoh masyarakat harus hadir bersama lakukan pencegahan penyebaran Covid-19. Gereja, mesjid, vihara, posyandu, PKK, Karang Taruna, ormas, harus  menjadi garda terdepan dalam kampanye gerakan sadar Covid-19,” pungkasnya.[asa]

Comment