Corona Bikin Politisi Kebon Sirih Galau Soal Pemilihan Wagub

KalbarOnline.com – Gedung DPRD DKI Jakarta kian mencekam. Para anggota dewan yang biasa berkantor di Kebon Sirih cemas. Sebagian besar memilih self isolation di rumah. Apalagi ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi mengungkapkan 2 anggota DPRD DKI dinyatakan positif corona.

“Pasien yang positif dan suspect ini adalah rombongan yang beberapa waktu lalu mengikuti Bimtek di Bali dan Kunker (kunjungan kerja) ke Pekanbaru,” ujar sumber di Kebon Sirih yang enggan namanya dituliskan, Rabu (18/3/2020).

Terkait kondisi ini, DPRD DKI Jakarta diminta untuk fokus terlebih dahulu pada pencegahan penyebaran Virus Corona atau Covid-19, dibandingkan melakukan pemilihan Wagub pada 23 Maret mendatang. Ini sejalan dengan anjuran Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk tidak melakukan pertemuan langsung.

Baca Juga :  Umumkan Pesantren Penerima Bansos Covid Tahap II, Wamenag: Tolak Segala Pemotongan

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Suhaimi mengatakan, setuju dengan usulan untuk menunda pemilihan Wagub. Asalkan alasan penundaan untuk keselamatan seluruh anggota dewan.

“Saya kira pertama keselamatan manusia itu utama. Kemudian dari sisi seruan gubernur dan pemerintah pusat dari ahli kita mengikuti arahan untuk tidak berkumpul dan berjabat tangan,” katanya kepada wartawan kemarin.

Politikus PKS ini menambahkan, masih ada waktu untuk menunda pemilihan calon pengganti Sandiaga Uno. Dia menyarankan, agar menunda pemilihan hingga kondisi penyebaran Virus Corona dapat dikendalikan.

“Tidak mengapa kalau pemilihan Wagub ditunda. Tentu penundaan itu untuk menjaga kesehatan dari Corona,” jelasnya.

Usulan serupa juga disampaikan Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Idris Ahmad. Dia mengatakan, keputusan penundaan ini sebenarnya berada di Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi.

Baca Juga :  Hanafi Rais Terlibat Kecelakaan Beruntun di Tol Cipali, Begini Kondisinya Kini

Dia menilai, tidak ada alasan mendesak pemilihan Wagub DKI harus diselenggarakan dalam waktu dekat. Mengingat penyebaran Virus Corona di Indonesia mengalami peningkatan.

“Tidak alasan mendesak dan penting untuk melaksanakan pemilihan Wagub di kondisi seperti ini. Kita seharusnya fokus dan mengikuti arahan untuk membatasi aktivitas di luar rumah apalagi kegiatan yang membuat orang berkumpul,” ujarnya.

Idris menyarankan, seluruh anggota dewan mengikuti anjuran Presiden Jokowi untuk membatasi aktivitas di luar rumah. Terlebih, Prasetio menyampaikan ada dua anggota dewan suspect Corona.

“Kita fokus penanganan Covid-19 itu target kinerja utama sekarang,” tutupnya. [ab]

Comment