Cegah Virus Corona, Buruh Batal Gelar Demo RUU Cipta Kerja di DPR

KalbarOnline.com – Serikat buruh yang tergabung dalam konfederasi Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) membatalkan rencana aksi unjuk rasa menolak Omnibus Law Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja di Jakarta, Senin (23/3) mendatang. Pembatalan ini untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Elly Rosita Silaban menyatakan pembatalan demonstrasi ini tak mengendurkan perlawanan terhadap RUU usulan Presiden Joko Widodo (RUU) tersebut.

“Buruh sudah berempati. Kami harap pemerintah dan DPR juga berempati dengan tidak memaksakan pembahasan omnibus law. Mari kita fokus pada persoalan corona terlebih dahulu,” kata Elly, Rabu (18/3/2020).

Baca Juga :  Jadi Pasangan Ketiga, Prabowo-Gibran Mendaftar Pilpres 2024 di KPU

Di saat yang sama, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan keputusan itu diambil juga karena DPR RI masih mempertimbangkan untuk menunda masa sidang.

Namun, jika DPR RI mengumumkan akan menggelar masa sidang kembali, MPBI akan kembali turun ke jalan mengawal pembahasan RUU Cipta Kerja. Iqbal menyebut aksi yang dipastikan batal adalah aksi di depan Kompleks Parlemen, Jakarta, pada 23 Maret mendatang.

Baca Juga :  Meski Sempat Tuai Kritik, DPR Tetap Sahkan RUU MK

Ia tak menutup kemungkinan aksi di daerah lain tetap berjalan. “Tetapi yang harus dilakukan, wajib prinsip-prinsip keselamatan peserta aksi, terutama terkait dengan pandemi virus Covid-19 (Corona), sesuai dengan himbauan dan ketentuan yang dikeluarkan WHO (Badan Kesehatan Dunia) terkait pencegahan terhadap penyebaran virus tersebut,” kata Iqbal dalam keterangan tertulis, Rabu (18/3/2020).

Comment