Acara Ijtima Dunia 2020 Jamaah Tabligh Resmi Ditunda

KalbarOnline.com – Acara Ijtima Dunia 2020 Jamaah Tabligh Zona Asia di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan resmi ditunda. Penundaan ini setelah pihak pemerintah daerah bersama TNI dan kepolisian melakukan rapat bersama panitia penyelenggara bahwa Indonesia tengah melakukan pencegahan virus corona dengan kebijakan melarang kegiatan-kegiatan yang mengundang keramaian.

“Jadi rencana mereka akan membatalkan kegiatan itu. Ini kesepakatan dengan panitia karena kan program pemerintah dalam rangka pencegahan penularan virus corona. Mereka mengerti itu,” kata Pangdam Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Simangaruka, Rabu (18/3/2020).

Kata Andi, ribuan jamaah yang sudah hadir akan dipulangkan ke daerah masing-masing termasuk peserta yang berasal dari luar negeri.

Kepulangan jamaah nantinya akan diatur mulai dari lokasi acara di kompleks Pesantren Darul Ulum, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa menuju ke pelabuhan, bandara, dan terminal.

“Besok pagi mereka kembali ke masing-masing tempat mereka. Kita menyiapkan kendaraan dari lokasi ke pelabuhan atau bandara. Karena tentu ada yang pulang melalui jalur darat, udara, maupun laut. Kita siapkan,” kata Andi.

Diketahui sedikitnya 6.000 peserta Ijtima Dunia Zona Asia 2020 sudah tiba di Gowa. Mereka datang tak cuma dari penjuru Indonesia, tapi juga dunia. Acara tabligh akbar ini diadakan di kompleks Pesantren Darul Ulum, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dan rencana digelar pada 19-22 Maret.

Acara Ijtima Dunia 2020 Zona Asia di Gowa mendapat sorotan karena digelar di tengah Indonesia waspada wabah virus corona. Sampai hari ini, telah ada 227 kasus positif corona di Indonesia. Paling banyak terjadi di Jakarta. Dari jumlah tersebut, 19 orang meninggal dunia dan 11 orang sembuh dari Covid-19.[ab]

Comment