by

Seleksi Paskibraka Sintang 2020 Resmi Dibuka

234 pelajar se-Kabupaten Sintang turut andil

KalbarOnline, Sintang – Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yustinus J membuka proses seleksi calon peserta pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) tingkat kabupaten dan provinsi tahun 2020 di Kabupaten Sintang, di Halaman Indoor Apang Semangai, Selasa (17/3/2020).

“Paskibraka merupakan kumpulan dari orang-orang yang terpilih diberi amanah untuk mengibarkan sang saka merah putih pada hari kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Seorang Paskibraka harus memiliki integritas kepribadian yang baik, mental yang kokoh, ulet dan pantang menyerah. Sebuah kebanggan menjadi anggota Paskibraka juga mengandung tanggungjawab besar. Karena esksistensi paskibraka, merupakan salah satu bentuk pembinaan generasi muda untuk menggelorakan semangat kebangsaan, cinta tanah air dan bela Negara, kepeloporan dan kepemimpinan, disipilin,s erta berbudi pekerti luhur,” terang Yustinus J.

“Paskibraka bukanlah hal yang sederhana dan tidak semua orang memiliki peluang untuk menjadi salah satu anggota Paskibraka. Selain fisik, mental juga sangat penting menjadi seorang Paskibraka. Saya harap, siapapun yang terpilih, dapat terus menjaga kedisiplinan dan terus bekerja keras. Anggota Paskibraka harus mampu menjadi teladan sebagai pelajar yang berprestasi, disiplin, bermoral dan berjiwa nasionalisme. Selamat mengikuti seleksi Paskibraka tingkat kabupaten, provinsi dan nasional di Kabupaten Sintang. Saya yakin kalian merupakan utusan terbaik dari sekolah kalian masing-masing. Jaga kekompakan dan selalu semangat karena bangsa ini membutuhkan kontribusi para pemuda seperti kalian semua,” timpal Yustinus J.

Sementara Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Dr. Hendrika menjelaskan bahwa seleksi Paskibraka tingkat kabupaten, provinsi dan nasional akan dilaksanakan selama 3 hari mulai 17-19 Maret 2020 bertempat di Indoor Apang Semangai Sintang.

“Peserta seleksi adalah siswa/siswi SMA/SMU/MA/SMKN Se Kabupaten Sintang yang berjumlah 35 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 234 orang yang terdiri dari 120 putra dan 114 putri.  Sebanyak 234 orang ini akan diseleksi dalam hal tinggi badan dan kesehatan untuk mencari 100 orang yang memenuhi syarat. Selanjutnya 100 orang sisanya akan melanjutkan proses seleksi berikutnya seperti tes psikologi dan yang lainnya,” terang Hendrika.

Tim seleksi Paskibraka Tahun 2020 terdiri dari Disporapar Kabupaten Sintang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, RSUD AM Djoen Sintang, TNI/Polri dan Brimob, Ketua Purna Caraka Muda Indonesia, Ketua Purna Prakarya Muda Indonesia, dan Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Sintang. (Fai)

Comment

News Feed