Hadiri Panen Raya Poktan Usaha Baru, Sekda Ajak Petani Untuk Berinovasi

KalbarOnline, Ketapang – Sekretaris Daerah Ketapang, Farhan berbangga hati dan mengucapkan selamat kepada kelompok tani Usaha Baru Desa Tanjung Baik Budi yang telah melaksanakan panen dengan membuahkan hasil. Hal tersebut disampaikan Sekda ketika menghadiri panen raya kelompok tani Usaha Baru yang dilaksanakan di Desa Tanjung Baik Budi, Kecamatan Matan Hilir Utara, Senin (16/3/2020).

Dalam acara panen perdana hari itu, berbagai keluhan di bidang pertanian disampaikan anggota kelompok tani. Semua keluhan pun telah diserap oleh Sekda Farhan untuk ditindaklanjuti.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

“Prinsip dalam hal bertani itu kita harus menggunakan pola kita dalam bertani, barangkali tempo dulu kita bisa bertani hanya satu kali tanam, harapan kita bisa tiga kali, itu harapan besar kita, tapi kalaupun itu tidak bisa, satu kali saja berhasil, Alhamdulilah, apalagi dua sampai tiga kali berhasil itu sangat baik,” kata Farhan.

Baca Juga :  Serahkan Bantuan Beras Pemkab Ketapang, Wabup Farhan: Pegang Prinsip 5M

Bertani itu untuk mendapatkan penghasilan, dengan demikian dikatakan Farhan maksudnya tidak hanya satu sumber, ketika di lahan itu ada yang kosong bisa ditanami cabe, sayur-sayuran, ubi dan sebagainya.

“Saya mempercayakan penuh kepada ibu bapak sekalian. Yang mana yang cocok dan lain sebagainya ibu bapak lah yang tau, kapan air pasang, kapan ada hama ibu bapaklah yang tahu yang terpenting adalah setiap usaha dalam kehidupan kita itu harus kompak,” ucapnya.

Baca Juga :  Wabup Farhan Serahkan Bonus Kafilah Ketapang Peraih Prestasi di MTQ XXIX Kalbar

Selaku Sekda Ketapang, Farhan memberikan dukungan kepada kepada kelompok tani Usaha Baru untuk dirumuskan dalam sebuah peraturan daerah atau peraturan Bupati, tentang bagaimana sistem yang dilakukan untuk menyediakan alat-alat pertanian yang diperlukan.

“Terakhir kita juga akan memberikan inovasi, tadi sudah disampaikan inovasi itu bagaimana kita memanfaatkan lahan dengan sebaik-baiknya dengan banyak cara yang bisa kita lakukan, demi meningkatkan ekonomi masyarakat,” tukas Sekda. (Adi LC)

Comment