Cegah Covid-19, BAZNAS Sterilkan Sekolah di Jabodetabek

KalbarOnline.com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) terus begerak membantu masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19 dengan melakukan pensterilan di tiga sekolah di kawasan Jakarta, Senin (17/3/2020).

Menurunkan lima personel menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, pensterilan dilakukan dengan penyemprotan disinfektan ke seluruh sudut sekolah mulai dari ruang sekolah, toilet, hingga mushola sekolah.

Kepala BAZNAS Tanggap Bencana, Dian Mandana Aditya Putri menyampaikan aksi penyemprotan disinfektan oleh BAZNAS ini sebagai upaya menekan penyebaran infeksi Covid-19, dan juga sebagai kegiatan lanjutan yang sebelumnya dilakukan di ruang publik, seperti halte, jembatan penyeberangan, dan stasiun.

Baca Juga :  Sekjen PBB Kutuk Serangan di Universitas Kabul, Afghanistan Umumkan Hari Berkabung Nasional

“Total ada 1031 jiwa yang beraktivitas di tiga sekolah ini. BAZNAS Tanggap Bencana berupaya untuk memaksimalkan pensterilan ini di seluruh area yang banyak aktivitas masyarakat terutama anak-anak. Aksi ini akan terus kami galakkan untuk menekan pencegahan Covid-19,” ujarnya.

Dian menambahkan akan berkoordinasi dengan BAZNAS Tanggap Bencana di daerah, khususnya yang sudah dinyatakan suspect Corona untuk melakukan aksi serupa sebagai antisipasi masifnya penyebaran virus ini.

“Diperpanjangnya masa darurat bencana, menjadi tanda bagi BAZNAS Tanggap Bencana untuk berbuat lebih banyak lagi aksi pencegahan di berbagai daerah agar kondisi dapat segera normal kembali. Kami siap membantu pemerintah menjadi garda terdepan dalam penanganan pencegahan virus ini,” tegasnya.

Baca Juga :  Ini Pernyataan Sikap Resmi PBNU Terkait Pengesahan UU Cipta Kerja

`Pada kesempatan lain, Direktur Utama, M Arifin Purwakananta BAZNAS berkomitmen mendukung langkah pemerintah terkait penerapan protokol kesehatan untuk sekolah, fasilitas dan pelayanan umum sebagai pencegahan infeksi Covid-19.

“BAZNAS terus mengutamakan gerakan untuk kemaslahatan umat. Semoga ikhtiar kami dalam menghadapi covid-19 selalu mendapat ridho dari Allah SWT,” ucapnya.

Sejak dua minggu lalu, BAZNAS Tanggap Bencana telah melakukan aksi pensterilan di beberapa sekolah di Jabodetabek. Selain itu BAZNAS Tanggap Bencana juga melakukan kegiatan edukasi kesiapsiagaan Covid-19 serta mempromosikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk para siswa.[ab]

Comment