Bayi Berusia 2 Bulan di Kalbar Dinyatakan Negatif Virus Corona

KalbarOnline, Pontianak – Seorang bayi berusia 2 bulan yang masuk kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dinyatakan negatif virus corona (Covid-19). Bayi tersebut sebelumnya telah menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Soedarso Pontianak sejak Kamis (12/3/2020). Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson dalam jumpa pers perkembangan kasus corona di Kalbar, Rabu (18/3/2020).

“Hasil laboratorium terbaru, ada 1 pasien kita yang rawat di RSUD Soedarso, anak umur 2 bulan, dia dari Kabupaten Landak, tapi kondisinya sekarang dinyatakan negatif Covid-19 dan sudah kita pindahkan dari ruang isolasi dan dirawat di ruangan biasa karena tidak terdeteksi atau terpapar Corona. Bayi tersebut masuk pada tanggal 12 Maret 2020, di mana dia pulang dari Sarawak bersama orang tuanya pada tanggal 1 Maret 2020,” ujarnya.

Baca Juga :  Antisipasi Inflasi Jelang Lebaran, Satgas Ketahanan Pangan Pontianak Pantau Bapok di Sejumlah Pasar dan Distributor

Menyusul hasil lab terhadap bayi tersebut, status kedua orang tua bayi yang masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) ini pun dinyatakan gugur.

“Sepulangnya dari Malaysia, bayi umur 2 bulan ini dan orang tuanya, kita masukkan dalam ODP, tapi setelah bayi ini dinyatakan negatif Covid-19, maka status ODP pada orang tuanya ini gugur,” tandasnya.

Sampai tanggal 18 Maret 2020, Harisson mengungkapkan, ada 10 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sedang dirawat di ruang isolasi dengan rincian 4 PDP di RSUD Soedarso termasuk 1 PDP yang terkonfirmasi positif, 2 PDP di RSUD Abdul Aziz Singkawang termasuk 1 PDP yang terkonfirmasi positif. Kemudian 1 PDP di RSUD Pemangkat, 2 PDP di RSUD Sambas dan 1 PDP di RSUD AM Djoen Sintang.

Baca Juga :  Warga Korpri Serdam Desak Pembuat Rekaman Suspect Covid-19 Diproses Hukum

Sementara yang masuk kriteria orang dalam pemantauan (ODP), kata Harisson, jumlahnya bertambah, di mana berdasarkan data pihaknya sampai pada Rabu (18/3/2020) terdapat 342 ODP yang tersebar di delapan wilayah di Kalbar. Angka ini naik dari jumlah sebelumnya yang hanya mencapai 284 orang. Adapun rincian 342 ODP tersebut di antaranya 81 ODP di Pontianak, 46 ODP di Sanggau, 136 ODP di Sintang, 14 ODP di Kubu Raya, 21 ODP di Sambas, 1 ODP di Kapuas Hulu, 1 ODP di Bengkayang dan 42 ODP di Landak.

Adapun yang dimaksud dengan ODP sendiri adalah mereka yang memiliki riwayat kontak langsung dengan pasien positif Corona atau mempunyai catatan perjalanan ke negara terjangkit. (Fai)

Comment