by

7 Makanan yang Tidak Boleh Diblender

Blender memang merupakan alat yang dapat memudahkan kita dalam proses memasak. Namun, tanpa disadari kita pun sering kali salah saat menggunakannya. Ternyata, tidak semua bahan makanan dapat diblender. Lantas, apa saja sebenarnya makanan yang tidak boleh diblender?

7 Makanan yang Tidak Boleh Diblender

Beberapa makanan disarankan untuk tidak dihancurkan atau dihaluskan dengan blender. Hal ini agar tidak merusak tampilan ataupun tekstur dari bahan makanan, serta tidak membuat pisau blender menjadi tumpul. Berikut 7 makanan yang tidak boleh diblender dan perlu Kamu ketahui!

1. Sayuran Hijau

Menurut Andre Sickinger yang merupakan koki asal Amerika Serikat, salah satu makanan yang tidak boleh diblender adalah sayuran hijau. Menurut Andre, pisau dari blender akan mengubah tampilan atau warna dari sayuran hijau jika langsung diblender.

Nah, bagi Kamu yang suka memblender sayuran hijau, seperti brokoli untuk dijadikan jus, Andre memberikan tips agar tampilan sayuran hijau tersebut tidak berubah warna. “Bekukan sayuran hijau yang ingin Kamu blender selama 5 menit, lalu masukkan ke blender,” tambah koki asal Amerika Serikat.

Baca juga: Makanan Sehat Vs Makanan Tidak Sehat untuk Diabetes

2. Kentang

Selain sayuran hijau, makanan yang tidak boleh diblender ialah kentang. Menurut koki asal New York, Amerika Serikat, Chris Nirschel, kentang tidak boleh dihaluskan di blender dalam waktu lama karena akan menghasilkan bau yang kurang sedap saat dikonsumsi di mulut nantinya. Ia pun tak menyarankan membuat mashed potatoes dengan kentang yang dihaluskan di blender.

3. Jahe

Apakah Kamu pernah menghaluskan jahe di blender, Gengs? Nah, ternyata jahe juga tidak disarankan dihaluskan di blender lho. “Jangan masukkan jahe segar atau kering dalam bentuk bubuk ke dalam blender. Ini hanya akan merusak pisau dari blender. Cobalah untuk memotong jahe daripada menghaluskannya dengan blender,” ujar Shirley VanScoyk yang juga koki asal Amerika Serikat.

BACA JUGA:  Penting, nih! Manfaat Kacang Hijau untuk Bayi     

4. Bawang putih

Apapun bumbu masakan dengan rasa yang kuat, entah itu bawang putih, cabai, dan sebagainya tidak boleh diblender lho, Gengs. Hal ini karena bumbu masakan yang telah disebutkan tadi dapat merusak karet blender dan membuat blender menjadi berbau.

Nah, kalau Kamu memang terpaksa menggunakan blender untuk menghaluskan bawang putih, cabai, atau bumbu masakan lainnya yang berbau, sebaiknya pisahkan blender untuk bumbu masakan dan blender untuk bahan pangan lainnya ya Gengs.

Baca juga: Hindari 8 Jenis Makanan Ini karena Bisa Merusak Gigi!

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga merupakan salah satu makanan yang sebaiknya tidak dimasukkan dalam blender. Tidak hanya akan membuat pisau blender menjadi tumpu, tetapi menghaluskan kacang-kacangan, seperti almond, biji cokelat, dan sebagainya dapat membuat teksturnya menjadi lengket serta bisa menghasilkan ampas. Daripada menggunakan blender, lebih baik gunakan penggiling (grinder) untuk menghaluskan kacang-kacangan.

6. Daging

Chef Andre Sickinger mengatakan bahwa makanan lain yang tidak boleh diblender ialah daging dengan tulang. Hal ini karena tulang akan merusak pisau dari blender. Nah, kalau Kamu mau menghaluskan daging ayam atau ikan, pastikan sudah memisahkan daging dengan tulangnya ya Gengs.

7. Buah Beku

Apakah Kamu suka membuat jus buah? Untuk membuat jus buah, tentu Kamu perlu menghaluskannya dengan blender. Namun, banyak orang yang menghaluskan buah beku dengan blender. Padahal, buah beku ini dapat membuat pisau blender menjadi tumpul karena tekstur buah yang keras.

Itulah ketujuh makanan yang tidak boleh diblender. Dari ketujuh makanan di atas, mana yang sering Kamu blender? Jangan diulangi lagi ya Gengs!

Baca juga: Cara Detoksifikasi yang Benar Menggunakan Makanan

Referensi

BACA JUGA:  Mums, Jangan Ragu Konsumsi Ikan Teri, Si Kecil Kaya Nutrisi

Reader’s digest. 16 Foods You Shouldn’t Put in the Blender.

The Kitchn. 7 Things You Should Never Put in the Blender.

Kitchenistic. 8 Things You Should Never Put in a Blender.

Comment